Tips Investasi ala Prita Ghozie, Aman Kalahkan Inflasi

Inflasi terbilang cukup bahaya karena mampu mempengaruhi kondisi ekonomi keuangan tiap orang.
Prita Hapsari Ghozie (Foto: Tagar/Instagram @pritaghozie)

Jakarta - Investasi merupakan kunci dalam perencanaan keuangan di masa yang akan mendatang. Dengan berinvestasi, kamu akan mempunyai dana lebih yang setidaknya dapat kamu gunakan nantinya ketika terjadi inflasi.

Inflasi terbilang cukup bahaya karena mampu mempengaruhi kondisi ekonomi keuangan tiap orang. Seperti ibarat jika tahun ini harga rumah sekitar Rp500 juta, mungkin saja nanti ketika 10 tahun mendatang, harga rumah tersebut sudah mencapai di angka Rp2 miliar. 

Tentunya dengan menabung saja sangat sulit, oleh sebab itu perlu adanya investasi.

Berikut adalah tips aman kalahkan inflasi dengan investasi ala Prita Ghozie.


1. Perhatikan Tujuan Investasi

Segala yang dilakukan pastinya mempunyai tujuan tertentu, begitu pula dengan investasi. Sebelum memulai investasi ada baiknya kamu menentukan tujuan dan jangka waktu untuk berinvestasi. Setidaknya kamu mampu memanajemen risiko dan keuanganmu ketika sedang dibutuhkan.


2. Pahami Risiko Investasi

Semakin tinggi keuntungan yang didapat, semakin tinggi pula risiko yang akan didapat. Oleh sebab itu, kamu perlu memahami dan mempelajari risiko di setiap instrumen investasi. Manajemen risiko dalam hal ini cukup penting agar setidaknya kamu mampu meminimalisir terjadinya kerugian.


3. Kondisi Keuangan yang Baik

Pastikan kamu berinvestasi ketika kondisi keuanganmu sedang baik. Jika kamu masih mempuntai hutang sebaiknya lunasi tagihan tersebut dahulu. Selain itu jangan gunakan dana darurat sebagai modal untuk berinvestasi. Karena jika sewaktu-waktu akan dibutuhkan kamu tidak akan tahu apakah dana tersebut mengalami keuntungan atau kerugian saat diinvestasikan.


4. Jangan hanya Satu Instrumen

Dalam berinvestasi dikenal istilah “Jangan letakkan semua telur dalam satu keranjang” hal itulah yang harus kamu telaah untuk mengeksplor berbagai instrumen investasi. Semisal kamu berinvestasi di reksa dana, kamu mungkin juga bisa mencoba menginvestasikan uangmu di emas dan logam mulia lainnya.


5. Pilihan Aset Investasi

Menurut Prita, Reksa dana merupakan instrument investasi yang cocok bagi pemula. Hal ini karena reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang memudahkan kamu dalam mengetahui kondisi investasimu. Kamu bisa menyisihkan uangmu secara rutin untuk diinvestasikan di reksa dana. Kamu juga bisa memilih jenis investasimu, jangka waktu, dan jenis risiko.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
7 Tips Investasi Properti Untuk Pemula
Investasi properti adalah investasi yang cukup fleksibel, ia dapat menjadi investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang.
Yuk Simak, 5 Tips Investasi Obligasi Perusahaan
Lakukan penjualan jika potensi rugi di depan mata. Jangan memaksa memegang surat utang hingga jatuh tempo.
Dear Pemula, Begini Lho Cara Investasi Emas
Bagi investor global, emas bukanlah pilihan investasi, melainkan pilihan solusi untuk melindungi nilai uang dari inflasi (hedging).
0
Tips Investasi ala Prita Ghozie, Aman Kalahkan Inflasi
Inflasi terbilang cukup bahaya karena mampu mempengaruhi kondisi ekonomi keuangan tiap orang.