UNTUK INDONESIA
Tips Cegah Kacamata Berembun Selama Pakai Masker
Kacamata sering berembun saat mengenakan masker, berikut tips yang harus dilakukan agar persoalan itu bisa teratasi.
Ilustrasi kacamata berembun akibat menggunakan masker. (Foto: mentalfloss.com/CHESIIRECAT/ISTOCK/GETTY IMAGES)

Jakarta - Selama pandemi virus corona atau Covid-19 semua masyarakat diingatkan selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Namun, hal ini bisa menyebabkan kacamata berembun, sehingga penggunanya menjadi kerepotan saat memakai masker sepanjang hari. 

Masker membuat napas yang panas dan lembap mengarah langsung ke permukaan lensa kacamata yang dingin sehingga mampu menyebabkan kondensasi di lensa.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara agar kacamata tak berembun saat menggunakan masker sehingga penglihatan terjaga serta tubuh terlindungi dari Covid-19.

Dilansir dari Huffington Post yang dikutip Antara, berikut cara mencegah kacamata tidak berembun saat memakai masker.

1. Mencuci Lensa Kacamata Memakai Air Sabun

Sebuah studi yang dimuat di Royal College of Surgeons, Inggris pada tahun 2011 melaporkan seorang dokter bedah yang mencuci kacamata dengan air sabun bisa menyelesaikan operasi tanpa gangguan embun akibat mengenakan masker. Sehingga, Anda disarankan mencuci lensa sebelum menggunakan masker.

Cucilah lensa dengan air sabun dan keringkan kacamata menggunakan tisu atau lap. Selain membuat kacamata terhindar dari embun, membersihkannya dengan sabun juga bisa mematikan virus yang menempel.

2. Lipat Bagian Atas Masker

Tokyo Metropolitan Police Departement menganjurkan untuk melipat sedikit masker bagian atas agar kacamata tidak berembun. Cara ini berguna lantaran mampu menambah ruang bernapas agar tak langsung mengarah ke mata.

Namun, kekurangannya bisa mengurangi ukuran masker untuk menutupi area wajah. Sehingga tidak bisa melindungi hidung dan mulut dari droplet secara menyeluruh.

3. Tambahkan tisu

Menambahkan tisu pada bagian lipatan atas masker menjadi salah satu cara agar kacamata tidak berembun saat mengenakan masker. Nantinya tisu akan menyerap kelembapan embusan napas, sehingga menghalangi kondensasi. []

Baca juga:

Berita terkait
Kemenkes Sebut Masker N95 Efektif Cegah Corona
Sekretaris Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan mengatakan masker N95 lebih efektif cegah Corona. Ini ulasannya.
Perbedaan Masker Bedah dengan N95 Versi Kemenkes
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan informasi terkait perbedaan masker bedah (surgery) dengan masker N95.
Perbandingan Tiga Jenis Masker Tangkal Virus Corona
Dosen UGM sekaligus Dokter THT di RSUP Sardjito Yogyakarta Bambang Udji Djoko Rianto membandingkan tiga jenis masker dalam menangkal virus Corona.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.