Tips Cegah Gatal di Kulit Tumbuh Berewok, Telat Bisa Dibedah

Beragam faktor bisa memicu kulit yang ditumbuhi berewok terasa gatal. Jangan sampai parah atau mengatasinya bisa dibedah.
Vokalis band Maroon 5, Adam Levine. (Foto: Ist)

Jakarta - Beragam faktor bisa memicu kulit yang ditumbuhi berewok terasa gatal. Biasanya karena kulit kering hingga jenis jamur yang berkembang di area ditumbuhi janggut. Penyebab itu bisa diatasi dengan menerapkan sejumlah metode pencegahan.

Berewok gatal memang bisa membuat pemiliknya tidak nyaman karena kerap garuk-garuk kulit di sekitar mulut, pipi, dan di bawah dagu. Dalam kondisi tertentu, gatal di janggut bisa menyebabkan kulit merah, meradang, berkerak, dan tentunya gatal parah.

Untuk mencegah kondisi gatal pada kulit yang ditumbuhi berewok, berikut Tagar bagikan tipsnya. Simak ya Tagarians!

1. Jaga kebersihan wajah dan berewok

Sering mencuci muka dan janggut sangat disarankan untuk Anda yang mengalami kondisi gatal pada kulit yang ditumbuhi berewok. Cara ini dapat mencegah penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri.

Namun, jangan sembarangan mencucinya karena bisa-bisa kotoran malah tersebar ke seluruh rambut pada berewok. Berikut sejumlah caranya:

a. Mandi setiap hari. Hindari membilas janggut memakai air panas.

b. Cuci muka dan jenggot Anda dengan air hangat dan pembersih setiap hari.

Aktor berewok Jeremy ThomasAktor Jeremy Thomas mempunyai berewok sehat dan lebat. (Foto: Instagram/jeremythomas_jt)

c. Gunakan pembersih wajah jenggot yang hanya dimaksudkan untuk perawatan janggut.

d. Gunakan minyak jojoba atau minyak argan untuk menjaga janggut Anda tetap terkondisi.

e. Saat mencukur atau merapikan janggut, jangan gunakan pembersih wajah, busa, atau bahkan bodylotion. Hindari produk berbahan kimia keras. Sebagai gantinya, gunakan sabun atau lotion aftershave alami seperti minyak aloe vera atau tea tree.

f. Saat Anda menumbuhkan berewok, hindari terlalu sering mencukur rambutnya. Biarkan rambut jenggot tumbuh untuk mencegah kerusakan folikel.

Cara ini bisa menghindari faktor lain penyebab kondisi gatal pada kulit yang ditumbuhi berewok, yaitu rambut tumbuh ke dalam kulit.

2. Pengobatan

Jika cara di atas tidak ampuh, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit terdekat. Biarkan dokter memberikan masukan terhadap kondisi gatal pada kulit yang ditumbuhi berewok.

Aktor berewok Jake GyllenhaalAktor Jake Gyllenhaal. (Foto: Rottentomatoes/Han Myung Gu/WireImage)

3. Pembedahan

Gatal pada berewok ternyata membuat kulit Anda infeksi dan bengkak terus-menerus. Dokter mungkin menyarankan Anda mungkin menghilangkan rambut yang tumbuh pada area berewok.

Dalam kasus tertentu, dokter mungkin merekomendasikan prosedur yang melibatkan pembedahan untuk mengeluarkan bisul atau karbunkel (kumpulan bisul) penyebab infeksi parah pada kulit berewok Anda. 

Berita terkait
Rambut Tumbuh ke Dalam dan 4 Faktor Kulit Berewok Gatal Parah
Belakangan kulit yang ditumbuhi berewok terasa gatal. Selain karena rambut tumbuh ke dalam, ini ragam penyebabnya.
Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Botak, Mitos atau Fakta?
Topi dipakai untuk pelengkap penampilan. Namun ada anggapan sering memakainya memicu kebotakan pada rambut. Mitos atau fakta ya?
Perut Six Pack Belum Tentu Sehat Jika Susah Tidur Malam
Perut six pack baik pada pria maupun wanita ternyata bukan jaminan bisa tidur cepat. Bisa jadi mengalami gangguan kesehatan.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional