Tips Berlibur di Era New Normal Selama Pandemi Corona

Sekian lama berada di rumah, sebagian besar orang berkeinginan untuk berlibur di era new normal. Berikut tips aman berlibur selama era new normal.
Ilustrasi Liburan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Sekian lama berada di rumah, mungkin sebagian orang berkeinginan untuk berlibur di era new normal sekarang ini. Namun, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penularan virus Corona atau  Covid-19.

Dengan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, Anda bisa melewati momen liburan lebih nyaman dan aman, serta kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara aman berlibur di era new normal sekarang ini.

1. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Sebelum berlibur, pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit atau sehat. Jika merasa kurang sehat, ada baiknya tunda perjalanan berlibur. Ini sangat berguna untuk meminimalisir penularan virus Corona. 

Jika memungkinkan, sebaiknya mengikuti rapid test atau swab secara mandiri, hasilnya nanti bisa dibawa saat liburan untuk berjaga-jaga. Cara ini tentu berguna, terlebih ada destinasi wisata yang mewajibkan pengunjung untuk membawa surat bebas Covid-19.

2. Beli Tiket dan Check In Online

Jika menggunakan transportasi umum, sebaiknya belilah tiket dan check in secara online. Sebab, cara ini bisa mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

3. Tetap Gunakan Masker

Bagi yang ingin pergi berlibur karena bosan di rumah, sebaiknya tetap menggunakan masker. Ini menjadi hal penting yang harus dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Selain itu, bawalah beberapa cadangan masker saat liburan untuk menggantinya saat sudah dipakai seharian. Memasukkan tisu ke dalam masker juga bisa menjadi pilihan agar lebih aman. 

4. Bawa Hand Sanitizer dan Cuci Tangan

Ketika pergi berlibur, jangan lupa membawa hand sanitizer dan cuci tanganlah pakai sabun sesering mungkin. Cara ini bisa menghindari virus corona yang menempel pada barang yang dipegang nantinya.

Misalnya, Anda berlibur membeli baju, segera mungkin bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer setelah memilihnya. Sebab, Anda tak pernah tahu apakah baju tersebut terpapar virus Corona atau tidak.

Selain itu, usahakan cuci tangan dengan cara yang tepat dan benar selama 20 detik. Jangan khawatir, di sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat wisata juga sudah menyediakan tempat untuk mencuci tangan.

5. Menjaga Jarak

Tetaplah menjaga jarak dengan pengunjung lainnya saat mengunjungi tempat wisata di tengah pandemi Corona saat ini. Ini berguna untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan virus Corona. Meskipun merasa tubuh dalam keadaan sehat, Anda tetap berpotensi tertular Covid-19. Sehingga sebaiknya tetap menjaga jarak minimal 1,5 sampai 2 meter.

6. Gunakan Kendaraan Pribadi

Menggunakan transportasi umum tentu memiliki risiko lebih tinggi untuk terpapar virus mematikan ini. Jika memungkinkan, lebih baik untuk membawa kendaraan pribadi untuk menghindari dari virus berbahaya tersebut.

7. Bawa Bekal Pribadi

Usahakan selalu membawa bekal makanan dan minuman pribadi dari rumah saat ingin pergi berlibur. Selain itu, jangan lupa mencuci peralatan makan sebelum dan sesudah menggunakannya agar aman dan tubuh tetap sehat. []

Baca juga:

Berita terkait
10 Tips Mudah Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga
Perut buncit tentu menjadi masalah besar bagi sebagian orang, terutama kaum hawa. Berikut cara meratakan perut buncit tanpa olahraga.
Tips Cegah Corona di Tempat Kerja saat New Normal
Memasuki era New Normal, beberapa sektor mulai beraktivitas kembali secara bertahap. Nah Tagar bagikan tisp cegah Corona saat bekerja.
Tips Mencari Tempat Kuliner Sehat di Masa New Normal
Mencari tempat kuliner di masa new normal sekarang ini tidak boleh sembarangan. Berikut tips yang harus diperhatikan oleh masyarakat.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah