UNTUK INDONESIA
Tipikor Polda Sulsel "Obok-Obok" Kampung JK
Tipikor Ditreskrimsus Polda (Sulsel) bersama unit Tipikor Bone menggeledah rumah Dinas Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle.
Tim Tipikor menyita sejumlah berkas dari rumah jabatan Wakil Bupati Bone. (Foto: Dok Polisi)

Makassar - Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel)  bersama unit Tipikor Polres Bone melakukan penggeledahan di Rumah Dinas Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, di jalan WR Monginsidi, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu 18 September 2019.

Tim Tipikor yang melakukan penggeledahan di rumah jabatan orang nomor dua di Kabupaten Bone itu dikawal ketat oleh personel bersenjata lengkap dari Brimob Polda Sulsel.

Saat Tipikor Polda Sulsel melakukan penggeledahan setiap ruangan, polisi bersenjata ini bertugas berjaga di setiap sudut rumah dan kantor serta pintu masuk atau pagar.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani saat dikonfirmasi membenarkan penggeledahan di sejumlah kantor instansi pemerintahan hingga rumah jabatan (rujab) Wakil Bupati (Wabup) Bone, Ambo Dalle.

"Benar, Tipikor Polda Sulsel hanya BKO, backup Polres Bone yang sementara menangani kasus," kata Kombes Pol Dicky Rabu 18 September 2019.

BoneTipikor Polda Sulsel dengan penjagaan Brimob Polda Sulsel bersenjata lengkap saat melakukan penggeledahan di Rujab Wabup Bone. (Foto: Polisi)

Penggeledahan yang dilakukan Tipikor Polda Sulsel di kampung Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla itu dimulai sekitar pukul 10.00 Wita dan dipimpin langsung oleh Kasubdit III unit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wirajati. Tim gabungan ini melakukan penggeledahan dibeberap lokasi di Kabupaten Bone secara serentak.

Adapun sejumlah lokasi atau instansi yang dilakukan penggeledahan oleh Tipikor Polda Sulsel ini masing-masing, di Kantor Bidan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Bone, Kantor Dinas Keuangan Bone, Rujab Wakil Bupati Bone serta kediaman pribadi Wakil bupati Bone, Ambo Dalle.

Dicky Sondani mengaku, Tim Tipikor Polda Sulsel melakukan penggeledahan di Kabupaten Bone merupakan bagian proses hukum dalam mendalami kasus bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tengah bergulir di Tipikor Polres Bone. "Terkait bantuan PAUD, kasusnya masih lidik," beber Dicky Sondani.

Diketahui, Polres Bone tengah mengusut dugaan korupsi pengadaan buku di TK pada dua tahun terakhir itu. Yaitu, anggaran untuk tahun 2017 sekira Rp13 Miliar dan untuk tahun 2018 jumlahnya sekira Rp14 Miliar.

Kasus dugaan korupsi pengadaan buku ini diduga menyeret nama istri Wakil Bupati Bone, Erniati yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas di Dinas Pendidikan Pemkab Bone.

Dalam hitung-hitungan pihak kepolisian, kasus korupsi ini mengakibatkan kerugian negara mencapai sekitar Rp 4 Miliar. Kendati demikian, angka tersebut belum valid lantaran masih menunggu perhitungan resmi kerugian negara dari tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulsel. []

Baca juga:

Berita terkait
Bawa Sabu 1,5 KG Emak-Emak Diringkus Polisi di Bone
Tim gabungan Polres Bone Sulsel dan polda Sultra menangkap seorang perempuan yang membawa Sabu seberat 1,5 Kg
Bonek Bentangkan Spanduk Surabaya-Papua Bersaudara
Suporter Persebaya Surabaya Bondo Nekat atau yang sering disebut Bonek membentangkan spanduk bertuliskan 'Surabaya-Papua bersaudara.
Penadah Ponsel Tewas di Ruang Penyidik Polres Bone
Terduga pelaku penadah tiba-tiba meninggal dunia saat hendak menjalani pemeriksaan.
0
Rusuh di Penajam Pasir Utara Berawal dari Penganiayaan
Kerusuhan yang terjadi karena dipicu kejadian penikaman pada Rabu, 9 Oktober 2019 lalu. Namun kemudian dikaitkan dengan konflik suku.