UNTUK INDONESIA
Pelatih Hodak Genjot Fisik Pemain PSM Makassar
Pemain PSM Makassar kembali menjalani latihan di Stadion Andi Mattalatta dengan titik fokus latihan fisik untuk meningkatkan stamina para pemain.
Pelatih Bojan Hodak (kanan) fokus pada pembenahan fisik pemain saat PSM Makassar memulai latihan sebagai persiapan menghadapi kompetisi musim 2020. (Foto: ANTARA/Abriawan Abhe)

Makassar - Pemain PSM Makassar kembali menjalani latihan di Stadion Andi Mattalatta dengan titik fokus latihan fisik untuk meningkatkan stamina para pemain. Porsi latihan pada fisik langsung diberikan pelatih Bojan Hodak usai pemain menjalani libur kompetisi.

Kondisi fisik pemain PSM mengalami penurunan usai libur sehingga pelatih Bojan Hodak merasa perlu meningkatkannya. Menurut Hodak fisik pemain belum maksimal sehingga perlu digenjot dengan latihan spartan. Dia berharap pemain nanti akan lebih bagus, karena tim Juku Eja pada musim 2020 ini akan menjalani banyak pertandingan.

Tim tidak hanya berlaga di kompetisi domestik, Liga 1 2020. Sebagai juara Piala Indonesia, PSM juga melakoni pertarungan di Piala AFC. Seperti musim lalu, jadwal padat bakal dilakoni PSM karena tim juga tampil di Piala Presiden, turnamen pramusim dan sudah pasti mempertahankan Piala Indonesia. 

Saya mencoba kombinasikan latihan fisik dan taktik. Bagaimana pemain dapat melakukan umpan silang di setiap permainan

"Fisik pemain masih belum maksimal. Mereka baru kembali setelah liburan. Jadi kami akan terus melakukan latihan fisik," kata Hodak di Makassar, Minggu 12 Januari 2020.

Tim memulai latihan pada Minggu kemarin. Pelatih Hodak memulainya dengan latihan fisik. Selanjutnya pemain menjalani latihan taktikal.  

"Saya mencoba kombinasikan latihan fisik dan taktik. Bagaimana pemain dapat melakukan umpan silang di setiap permainan," bebernya.

Hodak saat ini belum menentukan siapa yang akan menjadi kapten tim. Menurut Hodak, dirinya akan menyerahkan kepada pemain untuk menunjuk kapten tim. 

Di musim lalu, ada beberapa nama yang menjadi kapten PSM. Mereka yang menjadi kapten di antaranya Zulkifli Syukur, Willem Jan Pluim, Rivky Mokodompit dan Rizky Pellu.

"Saya biasanya menyerahkan pemain yang memilih. Saya akan bicara dengan pemain sebelum pertandingan. Pasalnya kapten menjadi tangan kanan saya di lapangan selama pertandingan. Jadi pemain sendiri harus memilih siapa pemain yang mereka percaya sebagai kapten tim," tuturnya.  

Hodak menyebutkan setidaknya ada tiga orang yang akan ditunjuk sebagai kapten tim. Dan, pemain yang ditunjuk sebagai pemimpin tim di lapangan harus mampu bertanggung jawab. Tetapi kata Bojan hal itu kembali kepada seluruh pemain yang akan memilih pemimpin dalam lapangan.

"Minimal ada tiga pemain yang akan ditunjuk sebagai kapten tim," ujar dia. []

Berita terkait
Musim Ini, PSM Makassar Miliki Empat Striker Tajam
PSM Makassar punya empat striker setelah mempertahankan Ferdinand Sinaga dan Ezra Walian. Namun hanya Giancarlo Lopes yang merupakan striker murni.
Duo Semen Padang Merapat ke PSM
PSM Makassar mendatangkan tiga pemain baru, termnashuk dua pemain Semen Padang, untuk melengkapi skuat yang ada mnenghadapi Liga 1 musim 2020.
Pelatih Cari Solusi PSM Sulit Menang di Laga Tandang
Pelatih anyar PSM Makassar Bojan Hodak harus mendapatkan solusi tim bisa menang di laga tandang sehingga bisa bersaing di papan atas liga.
0
Terindikasi Corona, Risma Tolak Viking Sun Sandar
Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta adanya pemeriksaan ulang terhadap seluruh penumpang Viking Sun sebelum sandar.