UNTUK INDONESIA
Tim Kesehatan Aceh Tes PCR Covid-19 Keluar dari 24 Jam
Pemerintah Aceh mengaku sudah menambah dua lab PCR lagi di RSUDZA dan Labkesda Aceh.
Tampak ruangan untuk pemeriksaan swab corona di Laboratorium PCR, Aceh Besar, Aceh, Kamis, 16 April 2020. (Foto: Tagar/Ahmad Mufti)

Banda Aceh - Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, bersama tim kesehatan di RSUDZA dan Dinas Kesehatan Aceh serta tenaga laboratorium di Balitbangkes Aceh dan Labkesda, menggelar rapat untuk membahas langkah percepatan agar hasil tes PCR Covid-19 dapat keluar dalam waktu kurang dari 24 jam, di Kantor Gubernur Aceh.

Taqwallah menyebutkan, kini pemerintah juga sudah menambah dua lab PCR lagi di RSUDZA dan Labkesda Aceh. Dengan bertambahnya lab tersebut, maka kekuatan yang dimiliki untuk menguji sampel swab lebih besar dan tentunya akan lebih cepat.

Meskipun demikian, kata Taqwallah, agar hasil tes PCR dapat dipercepat dalam waktu 1x 24 jam, maka dukungan dan kerjasama dari kabupaten/kota sangat dibutuhkan. Kabupaten/kota harus mengirim sampel swab sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Semaksimal mungkin agar target kita ini membuahkan hasil yang memuaskan.

Begitupun dengan jumlah sampel swab yang dikirim per hari, Sekda meminta jajarannya memastikan sampel swab yang dikirim tiap kabupaten sesuai dengan kuota yang telah ditentukan.

Taqwallah memaparkan jumlah kuota sampel swab yang dapat dikirim oleh kabupaten/kota per harinya. Setiap kabupaten mendapat kuota yang berbeda. Penetapan kuota menyesuaikan dengan kondisi kasus Covid-19 tiap daerah.

Begitupun dengan jadwal harian pengiriman sampel swab dari daerah, Pemerintah Aceh telah mengaturnya mulai dari jam pengiriman sampai dengan jam dikeluarkan hasil, kata Taqwallah.

“Tentu ini tidak akan berjalan sempurna, tapi mari kita coba usaha semaksimal mungkin agar target kita ini membuahkan hasil yang memuaskan,” ujar Taqwallah dalam keterangannya, Minggu, 18 Oktober 2020. []

Berita terkait
Rumah Dekat Aliran Sungai Aceh Tamiang Terancam Hanyut
Rumah warga Dusun Lubuk Sukun, Desa Alur Selebu, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh terancam hanut ke sungai.
Razia Gepeng di Banda Aceh, 8 Orang Diangkut Dinsos
Dinas Sosial Kota Banda Aceh mengamankan 8 orang gelandangan dan pengemis (gepeng) yang melakukan aksi di Banda Aceh.
Remaja Aceh Barat Pembuat Batako dengan Upah Rp 1.000
Dua remaja di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, bekerja sebagai pembuat batako dengan upah Rp 1000 per batang.
0
Kecamatan Bojongsari, Lumbung Suara Pradi-Afifah
Kecamatan Bojongsari adalah salah satu daerah yang akan menjadi lumbung suara pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Depok Pradi-Afifah