UNTUK INDONESIA
Tiga Wanita dengan Wajah Tersiram Air Keras
Air keras merusak wajah Siti Nur Jazilah di Indonesia, Le Lan Vy di Vietnam, dan Resham Khan di India.
Resham Khan. (Foto: The Sun)

Jakarta - Air keras merupakan cairan berbahan hidrogen dan klorida, sangat berbahaya ketika menyentuh kulit. Dalam kasus-kasus wajah tersiram air keras, wajah menjadi rusak terbakar, seperti dialami Siti Nur Jazilah, Le Lan Vy, dan Resham Khan.

1. Siti Nur Jazilah

Wajah Air KerasSiti Nur Jazilah atau Lisa. (Foto: YouTube)

Siti Nur Jazilah akrab disapa Lisa, warga Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wajahnya rusak berat disiram air keras oleh suaminya sendiri pada 2004. Pada saat kejadian, Lisa berumur 30 tahun.

Tujuh tahun Lisa dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo, Surabaya, menjalani 17 kali operasi rekonstruksi wajah. 

Operasi pertama pada 28 Maret 2006, mengganti kulit wajah dengan kulit punggung. Sementara operasi terakhir 27 Februari 2013, memperbaiki kelopak mata kanan bagian atas, bagian bibir, dan sudut pipi.

Pada Rabu, 5 Februari 2014, Lisa diperbolehkan meninggalkan rumah sakit. Saat itu kepergiannya dilepas Ketua Tim Bedah Plastik Face Off Prof dr Sjaifuddin Noer dan Direktur Utama RSUD Dr Soetomo, dr Dodo Anondo.

"Lisa diperbolehkan pulang karena secara medis, luka sudah membaik meskipun wajah belum sempurna 100 persen. Apalagi Lisa sudah dianggap bisa hidup mandiri tanpa bantuan tim medis lagi," kata Prof dr Sjaifuddin Noer.

Walau boleh pulang, Lisa masih diwajibkan kontrol seminggu dua kali untuk melihat perkembangan bekas luka.

Hidupku berhenti, beku karena ketakutan.

Sjaifuddin mengatakan masih ada kemungkinan operasi, tetapi sifatnya hanya operasi kecil dan tidak memerlukan penanganan khusus atau rawat inap.

"Yang masih rentan, bukan masalah luka, namun masalah psikologis, karena Lisa akan hidup di tengah masyarakat seperti dulu. Namun kami yakin Lisa akan siap menghadapi," ujar Sjaifuddin.

Waktu terus berjalan, perlahan Lisa bisa mengatasi trauma masa lalu. Ia mengisi hari dengan membuat kerajinan tangan, mempromosikan lewat Instagram @lisa_jewellry_handmade. 

Di Instagram tersebut, di antaranya Lisa mengunggah foto pelanggan setianya, yaitu istri seorang direktur rumah sakit yang ada di Surabaya. Ia juga membagikan pengalaman mengikuti seminar di Bali. Juga mengunggah foto bersama istri mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, yaitu Fatma Yusuf. Ia juga berbagi foto bersama perancang busana Anne Avantie.

2. Le Lan Vy

Wajah Air KerasLe Lan Vy (kanan) dan wajahnya akibat disiram air keras oleh tunangannya (kiri). (Foto: tinhhoa.net)

Le Lan Vy, wajahnya rusak parah pada Mei 2019 setelah disiram air keras oleh tunangannya, Nguyen Truong Nam Hai yang dikuasai cemburu berat. Ia menderita luka bakar parah di wajah, lengan dan kaki.

Gadis berusia 24 tahun itu menjalani hampir 10 operasi dalam lima bulan terakhir.

Vy mengatakan Hai seorang pemadam kebakaran pada awalnya perhatian dan penyayang, hingga ia mau menikah dengannya. Keduanya bahkan telah mendaftarkan upacara pernikahan mereka.

Mendekati hari H pernikahan, Vy mendapati Hai menjadi kasar, memukulnya karena cemburu. Hal yang membuat Vy membatalkan rencana pernikahan. Hai tidak terima dan merusak wajah tunangannya itu dengan air keras.

3. Resham Khan

Wajah Air KerasWajah Resham Khan, sesudah dan sebelum disiram air keras. (Foto: Reacho)

Model cantik di India, Resham Khan, wajahnya hancur disiram air keras oleh orang tak dikenal pada hari ulang tahun ke-21 tahun 2017. Saat itu ia sedang duduk bersama sepupu di dalam mobil.

Peristiwa itu terekam CCTV yang kemudian hari diketahui pelaku bernama Thomlin. CCTV menunjukkan Resham Khan dan sepupu melompat-lompat menahan rasa sakit, luka bakar di wajah dan badan, dan pakaian mereka meleleh ke tanah.

Dalam blog pribadi, Resham mencurahkan kepedihannya yang dalam.

"Hari ini aku terlalu takut berjalan ke toko. Terlalu takut menghadapi dunia. Terlalu takut pada wajahku sendiri. Terlalu takut menjawab pertanyaan, 'Bagaimana kabarmu?' Hanya terlalu takut. Hanya itu yang aku rasakan. Ketakutan dan enggan. Hidupku berhenti, beku karena ketakutan," tulis Resham. []

Baca tulisan lain:

Berita terkait
Begini Perkembangan Kasus Penyiraman Air Keras Novel Baswedan
Tahun 2018 hampir berakhir, begini perkembangan kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan.
Novel Tiba, Polisi Masih Sulit Periksa CCTV Lokasi Penyiraman Air Keras
Novel tiba, polisi masih sulit periksa CCTV lokasi penyiraman air keras. "Hasil CCTV setelah kita cek ternyata tidak jelas,” kata Kombes Pol Argo Yuwono.
0
Pemprov Jakarta Klaim Masyarakat Setuju JPO Terbuka
Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengklaim konsep JPO terbuka dan tanpa atap di Jalan Jenderal Sudirman disetujui oleh mayoritas masyarakat.