UNTUK INDONESIA
Prosedur Operasi Plastik Wajah Akibat Air Keras
Melalui operasi plastik wajah yang tadinya keriput, kendur atau cacat permanen akan kembali sedia kala, mulus, halus dan kulit wajah kencang lagi.
Operasi Plastik. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ketika seseorang wajahnya sudah tidak sempurna lagi, kendur dan keriput karena faktor usia atau cacat akibat kecelakaan atau hal lain seperti siraman air keras, maka jalan satu-satunya yang dapat ditempuh melakukan operasi plastik.

Melalui operasi plastik wajah yang tadinya keriput, kendur atau cacat permanen akan kembali sedia kala, mulus, halus, dan kulit wajah mengencang kembali.

Tapi perlu diketahui, operasi plastik dengan operasi kecantikan memiliki pengertian yang berbeda. Dengan begitu, ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan jika ingin melakukan operasi plastik.


Bahan kimiawi seperti air keras sangat jahat, kerusakannya sangat hebat karena bisa merusak seluruh kedalaman kulit.


Melansir dari Healthline pada Selasa, 5 November 2019, operasi plastik merupakan tindakan perbaikan dan rekonstruksi cacat pada wajah dan tubuh yang disebabkan oleh kelainan sejak lahir, luka bakar, trauma, dan penyakit.

Sedangkan operasi kecantikan adalah cabang dari operasi plastik yang hanya dilakukan untuk memperindah penampilan, termasuk membuat wajah dan tubuh pasien menjadi simetris, proporsional, dan menarik pada bagian tubuh yang dibedah tidak memiliki kelainan atau kerusakan sama sekali.

Soal operasi plastik, hal serupa dikatakan dokter bedah plastik rekontruksi dari RSCM Kencana, Jakarta, dr Teddy O.H Prasetyono. Apabila luka bakar karena bahan kimia seperti air keras, akan memicu kecacatan fungsi tubuh, sehingga perlu penanganan yang tepat.

"Bahan kimiawi seperti air keras sangat jahat, kerusakannya sangat hebat karena bisa merusak seluruh kedalaman kulit," kata dokter Teddy.

Lebih lanjut, dia mengatakan luka bakar akibat air keras pada umumnya dalam hitungan menit tertahan di kulit, bukan hanya merusak kulit, tapi juga melelehkan tulang.

Selain itu, akan menyebabkan kecacatan bukan hanya pada perubahan struktur kulit, tapi juga akan merusak fungsinya.

"Di bawah kulit kita banyak terdapat kabel penggerak atau tendon. Karena lokasinya yang dekat dengan kulit, maka mudah rusak, apalagi kalau kena bahan kimia," ujarnya

Berdasarkan pengalaman Teddy, bagian wajah merupakan anggota tubuh yang paling sering terkena serangan air keras. Bagian wajah yang mengalami kerusakan mulai dari alis, mata, rambut, telinga, hidung, bibir, dan juga leher.

"Tergantung dari arah mana larutan itu dipercikkan," katanya.

Teddy mengaku, perawatan korban luka bakar tidak boleh sembarangan. Karena tujuan utamanya mengembalikan fungsi-fungsi tubuh.

"Pembuangan jaringan kulit mati perlu waktu sekitar tujuh hari. Setelah itu baru penyembuhan bagian kulit. Bisa dilakukan tandur alih kulit dengan menutup bagian luka dengan kulit dari bagian tubuh lain," ujarnya.

Selama proses penyembuhan itu, dokter akan menerapkan tindakan untuk mencegah gangguan fungsi setelah penyembuhan. Pada bagian mata, agar kelopak mata atas dan bawah bisa digunakan seperti semula, selama proses penyembuhan dokter akan menjahit bagian kelopak.

"Disisakan sedikit untuk melihat, tapi sekitar dua bulan masa penyembuhan dijahit. Nanti kalau kulitnya mulai sembuh jahitan dibuka dan kelopak bisa dipakai menutup dan membuka mata lagi," katanya.

Di bagian hidung, larutan air keras dapat merusak cuping hidung sehingga posisinya mampet. Untuk mencegahnya, dokter akan membuat penyangga dari silikon sehingga bentuknya kembali seperti semula. 

Pada bagian mulut, sering terjadi bukaan mulut sehingga menjadi sempit.


Di bawah kulit kita banyak terdapat kabel penggerak atau tendon. Karena lokasinya yang dekat dengan kulit, maka mudah rusak, apalagi kalau kena bahan kimia.


"Karena selama proses penyembuhan dalam posisi menutup. Untuk itu mulut dibuat selalu dalam posisi terbuka dengan meletakkan alat khusus dari plastik. Dipasang sekitar 8 jam sehari. Kalau mau makan baru dibuka," ujar staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Sementara untuk bagian leher, agar dagu tidak tertarik dan menempel dengan dada, akan dipasang penyangga (colar breast). Posisi tidur pun diatur sedemikian rupa agar bagian kepala tidak menunduk.

Bagian telinga, katadr  Teddy, merupakan yang paling sulit karena tulang rawan di atas daun telinga sangat tipis sehingga mudah rusak.

"Daun telinga biasanya akan menciut atau kehilangan bentuk. Bila air keras tidak masuk ke telinga biasanya fungsi pendengaran tidak rusak," katanya.

Walau begitu, akan terjadi penurunan kemampuan telinga menangkap gelombang suara. 

"Lekuk-lekuk khas pada telinga bertujuan untuk menangkap suara," katanya.

Jika ingin melakukan operasi plastik, Tagar telah merangkum dari berbagai sumber, prosedur yang tepat, sebagai berikut.

1. Mencari Jasa Agen Medis 

Jika ingin operasi plastik di negara asing, langkah awal adalah mencari jasa agen medis sesuai negara yang dituju. Pastikan juga biayanya sesuai dengan kemampuan. Tapi jangan lupa agar tetap memperhatikan kualitas agen medis. 

Operasi plastik di luar negeri yang terkenal yaitu Korea Selatan dan Thailand seperti Operasi Plastik Gigi, Operasi Plastik Kelopak Mata, dan Operasi Plastik Jari Tangan. 

Banyak orang berpendapat bahwa operasi plastik di Korea sangat berkualitas. 

Operasi plastik di Negeri Ginseng ini sangat didukung oleh budaya Korea Selatan yang penduduknya gemar memperbaiki penampilan dengan operasi plastik. 

Dengan kondisi pasar yang terus meningkat, sudah wajar jika di Korea banyak menjamur klinik kecantikan yang menyuguhkan banyak prosedur operasi plastik mulai dari bagian kecil di tubuh, wajah hingga seluruh tubuh manusia. 

Sedangkan Thailand adalah pesaing Korea Selatan di dunia operasi plastik. Negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini juga dijuluki sebagai surga transgender karena banyaknya operasi ganti kelamin di sana.

2. Pemeriksaan Kesehatan di Klinik

Setelah menemukan jasa agen medis yang cocok, langkah selanjutnya yaitu agen itu akan memilihkan klinik yang cocok dan terbaik harus memulai dengan mengisi surat pernyataan, formulir atau biodata dan cek kesehatan tubuh. 

3. Konsultasi dengan Dokter Bedah

Setelah dinyatakan sehat melalui tes kesehatan, lalu diarahkan oleh agen medis untuk menemui dokter bedah akan mengecek bagian tubuh yang ingin Anda operasi. 

Sebaiknya sekalian berkonsultasi dengan dokter bedah tentang riwayat kesehatan, obat-obatan yang anda konsumsi, bentuk wajah dan tubuh yang anda inginkan atau yang cocok untuk anda. 

Dokter bedah akan merekomendasikan beberapa hal yang penting yakni memberitahu apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan sebelum operasi plastik dan waktu operasi plastik. 

Selain itu, dilakukan pengambilan gambar pada wajah agar bisa dibandingkan bagaimana kondisi sebelum operasi dan sesudah operasi. Termasuk informasi tentang efek samping yang mungkin muncul dan bagaimana cara menanganinya.

4. Memulai Prosedur Operasi Plastik

Biasanya sebelum operasi plastik, pasien diharuskan berpuasa dengan waktu yang telah ditentukan dokter. Setelah itu, operasi dimulai dengan bius lokal atau bius total. Prosedur operasi dan lama waktu operasi tergantung jenis dan tingkat kesulitan operasi plastik yang akan dijalani.

5. Memasuki Masa Pemulihan (Recovery)

Pasca operasi Langkah selanjutnya adalah akan memasuki masa penyembuhan atau recovery. Masa ini bisa dibilang masa yang paling banyak memakan waktu. Klinik akan menyediakan penginapan.

Beberapa hari setelah operasi, anggota badan pasien akan sedikit bengkak. Kalau tempat bengkaknya di wajah, pasien akan kesulitan untuk makan atau berbicara. 

Jika Anda melakukan operasi rhinoplasty atau operasi hidung, akan kesulitan bernapas melalui hidung. 

6. Perawatan Dokter

Beberapa saat pasca operasi plastik akan memperoleh perawatan penuh hingga wajah bisa pulih dengan sepenuhnya. Perawatan yang diperoleh biasanya satu paket yang sudah disediakan oleh jasa agen medis. 

Kemungkinan infeksi dan pendarahan juga memang ada yang merupakan contoh dari efek samping operasi plastik. Jika terjadi infeksi, dokter akan memberi obat antibiotik. 

Untuk mencegah pendarahan, jangan terlalu sering menyentuh area operasi. Jika harus mengganti perban, dokter dan tim perawat yang akan memberikan perawatan.

7. Pemeriksaan Tahap Akhir

Setelah kondisi wajah hampir membaik atau sudah membaik sepenuhnya, dokter bedah akan melakukan pemeriksaan akhir. Pada tahap ini, foto kondisi wajah sebelum dan setelah operasi plastik akan dibandingkan. 

Selain membandingkan, dokter bedah akan memeriksa kesehatan tubuh. Jika memang sudah membaik, dokter bedah akan mengizinkan pulang. []

Berita terkait
Lima Masker Kentang untuk Wajah Cantik Bersinar
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam cairan kentang juga dapat menyamarkan kantung mata serta memudarkan dan meratakan warna kulit hitam.
Lima Masker untuk Atasi Warna Kulit Wajah Tidak Merata
Memiliki warna kulit yang tidak merata akan mengganggu penampilan. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami menghilangkannya.
Tips Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami
Bertambahnya usia tak bisa dihindari setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya, keriput.
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.