UNTUK INDONESIA
Tiga Pernyataan Ilham Habibie Saat Pemakaman Ayahnya
Ilham Akbar Habibie menyampaikan tiga pernyataan penting saat prosesi pemakaman ayahnya, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
Peti jenazah BJ Habibie saat tiba di Taman Makam Nasional Kalibata. (Foto: Tagar/Rommy Yudhistira)

Jakarta - Ilham Akbar Habibie menyampaikan tiga pernyataan penting saat prosesi pemakaman ayahnya, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019. Ucapan itu ihwal kisah ayahnya semasa hidup. 

1. Rasa Cinta Habibie Kepada Keluarga

Ilham menyampaikan bahwa ayahnya sosok yang mengutamakan rasa cinta dalam hidup. 

"Bapak adalah simbol dari sosok cinta, bagaimana dia sangat mencintai keluarga, mencintai istri, mencintai pekerjaan dan sangat mencintai bangsa ini, bahkan dunia," kata Ilham Habibie.

BJ HabibieMantan presiden BJ Habibie menunjukan foto dirinya bersama pesawat hasil karyanya N-250 Gatotkaca seusai membuka pameran foto 'Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri\' di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Minggu, 24 Juli 2016. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

2. Pejuang Bangsa

Pernyataan kedua tentang Habibie yang mencurahkan segala pengetahuan dan kemampuannya demi bangsa. Lewat kemampuanya itu, sang ayah dinobatkan sebagai Bapak Teknologi Nasional.

"Ayah adalah sebagai perjuangan dalam hal kebaikan. Dia mencontohkan mengenai perjuangan untuk mengadakan teknologi dan industri di Indonesia untuk negara," kata dia. 

BJ HabibiePresiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan BJ Habibie. (Foto: Instagram/b.jhabibie)

3. Habibie Berjuang untuk Agama

Almarhum BJ Habibie juga memperjuangkan Islam dan demokrasi di Indonesia agar bisa ditunjukkan kepada dunia bahwa keduanya adalah kompatible.

"Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa, bagaimana beliau punya sikap, sampai akhir hayat tidak pernah berhenti belajar selamanya," ucapnya. 

Usia yang sudah lanjut dan sakit, kata Ilham, sang ayah masih bersedia hadir dalam banyak acara untuk memberikan masukan dan ilmu.

Sifat dari BJ Habibie adalah terbuka kepada semua, tidak membedakan manusia, selalu mencoba memanajemen yang kurang baik. 

"Bapak punya jejak wasiat di Jerman, Amerika, Inggris, Arab dan Turki dan masih banyak, marilah kita belajar semangatnya, biar pun bapak mau wafat keluarga diminta untuk tetap bersatu," kata dia.

Habibie juga sempat memberikan pesan untuk selalu turut membantu mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. 

Dia mengatakan sang ayah merupakan teladan bagi generasi penerus bangsa, karena menjadi sosok yang tidak pernah berhenti belajar.

"Bapak selalu belajar, sampai akhir hayatnya, selalu mempelajari tantangan baru dan memberikan solusi terbaik dari masalah tersebut," kata Ilham.

BJ HabibieMomen kebersamaan Zulkifli Hasan, BJ Habibie dan Ilham Habibie. (Foto: Instagram)

Sebagai anak, dia melihat figur Habibie sebagai inspirator, negarawan, dan idola. Bahkan, hal tersebut juga dilihat oleh banyak orang.

"Kami kehilangan bapak, sahabat, panutan negarawan, dan inspirator bahkan idola," kata Ilham.

JokowiPresiden Jokowi bersiap-siap untuk menyambut kedatangan jenazah BJ Habibie. (Foto: Tagar/Rommy Yudhistira)

Siang tadi, Presiden Jokowi hadir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, untuk memimpin upacara pemakaman kenegaraan bagi jenazah BJ Habibie.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga hadir di tempat upacara bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Para mantan wakil presiden juga menghadiri acara itu, yakni Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono. Pada acara itu, Presiden Jokowi mengenakan jas hitam berkemeja putih lengkap dengan dasi merah dan peci hitam.

Penanduan peti jenazah yang diselimuti bendera Merah Putih juga diiringi oleh pasukan TNI. Ibu Negara Iriana Widodo tiba bersama Mufidah Jusuf Kalla. Hadir pula Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Cak Imin Oso Zulfiki HasanWakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (kiri), Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (tengah), Ketua MPR Zulfiki Hasan (kanan) saat menghadiri pemakaman BJ Habibie. (Foto: Tagar/Rommy Yudhistira)

Sejumlah pejabat juga hadir pada acara itu, antara lain Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Wamen ESDM Archandra Tahar, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Para Pimpinan Parlemen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pemulasaraan jenazah BJ Habibie bertempat di sebelah makam mendiang istrinya, Ainun Habibie, di slot 120-121.

Jenazah BJ Habibie telah dilepas oleh keluarga kepada pemerintah yang dipimpin oleh Agum Gumelar. []

Berita terkait
Zulkifli Hasan: Habibie Otak Jerman Hati Mekkah
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengatakan sosok negarawan itu telah pergi meninggalkan luka mendalam.
Tiga Kenangan TB Hasanuddin Saat Menjadi Ajudan Habibie
Tubagus (TB) Hasanuddin membagikan kisah perjalanan hidup Presiden Ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.
Pesawat BJ Habibie Pernah Ditukar dengan Beras Ketan
BJ Habibie pernah menjual pesawat buatan anak bangsa ke Thailand. Namun dijual dengan barter beras ketan.
0
Satpol PP Solo Copot Spanduk Dukungan untuk Gibran
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Surakarta mencopoti spanduk bertuliskan dukungan terhadap Gibran Rakabuming. Ini penyebabnya