UNTUK INDONESIA
Tiga Kasus Baru Positif Covid-19 di Toraja
Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan tiga kasus baru terkonfirmasi positif terpapar virus Corona di wilayah Kabupaten Tana Toraja.
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Pixabay/fernandozhiminaicela)

Tana Toraja - Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan tiga kasus baru terkonfirmasi positif terpapar virus Corona di wilayah Kabupaten Tana Toraja. Pasien terkonfirmasi positif virus Corona ini dibenarkan dr Syafari Mangopo, selaku Dirut Rumah Sakit Lakipadada . Tana Toraja.

Ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut telah dipindahkan dan dirawat di ruang isolasi RSUD Lakipadada Tana Toraja.

Syafari menjelaskan, pasien keempat, kelima dan keenam terkonfirmasi positif terpapar virus Corona berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diterima kemarin dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut telah dipindahkan dan dirawat di ruang isolasi RSUD Lakipadada Tana Toraja"ujarnya kepada Tagar Sabtu, 30 Mei 2020.

Tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yaitu, pasien 04 Laki-laki, 59 tahun alamat Pasar Baru, Tondon Mamullu Kecamatan Makale, bekerja sebagai penjual ikan di Telkom Makale.

Dia memiliki riwayat perjalanan dari Palopo dua bulan yang lalu, dengan keluhan nyeri tenggorokan dan batuk sehingga dilakukan rapid test di RS Fatimah pada 25 Mei 2020 dan dinyatakan reaktif lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan swab.

Pasien 05 Perempuan, 52 tahun beralamat di Lembang Raru Sibunuan Kecamatan Sangalla, pada 20 Mei 2020 datang dari Makassar dengan riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif di Makassar sehingga berdasarkan hasil surveilans maka ditetapkan statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG) dan dilakuan pemeriksaan swab.

Pasien 06 Perempuan, 33 tahun alamat Kelurahan Rantetayo Kecamatan Rantetayo, masuk Rumah Sakit Lakipadada 27 Mei 2020 dengan tujuan hendak melahirkan.

Namun berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui pasien 06 sedang mengandung bayi kembar sehingga harus dilakukan penanganan operasi Caesar. Berdasarkan prosedur Rumah Sakit pasien Operasi Caesar harus menjalani rapid test sebelum menjalani operasi, dan dari hasil rapid test tersebut dinyatakan reaktif sehingga dilanjutkan dengan pengambilan swab.

Sedangkan pelaksanaan operasi caesar dilakukan dengan prosedur APD level 3, dimana bayi kembar dari pasien 06 setelah dilakukan operasi langsung dilakukan pemisahan kontak antara ibu dan anak.

Saat ini, ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut telah dipindahkan dan dirawat di ruang isolasi RSUD Lakipadada Tana Toraja.

Dengan diumumkannya tiga kasus baru terkonfirmasi reaktif terhadap Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat 6 pasien terkonfirmasi positif dimana tiga pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. []

Berita terkait:

Berita terkait
14 Sampel Swab di Toraja Negatif Covid-19
Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan hasil pemeriksaan PCR, dimana sebanyak 14 sampel diperiksa semuanya negatif Corona.
Pasien Positif Terpapar Covid-19 di Toraja Bertambah
Pasien positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja bertambah satu orang. Kini total pasien positif Corona di Toraja menjadi tiga orang.
Sudah Dua Pasien Positif Covid-19 di Toraja
Pasien terpapar virus Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja kini bertambah menjadi dua orang.
0
Tiga Kasus Baru Positif Covid-19 di Toraja
Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan tiga kasus baru terkonfirmasi positif terpapar virus Corona di wilayah Kabupaten Tana Toraja.