UNTUK INDONESIA
Tidak Pakai Masker Penyebab Covid Meningkat di Maros
Menurut juru bicara gugus tugas Covid-19 Maros. Penyebab tinginya angka Covid di Maros karena banyak warga yang tidak pakai masker.
Uodate kasus Corona di Kabupaten Maros. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Maros - Jumlah pasien positif Covid-19 secara komulatif di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan hingga Jumat, 3 Juli 2020 sebanyak 210 orang dengan rincian 86 dirawat dan 118 sembuh. Juru bicara percepatan covid-19 Maros dr. Syarifuddin menyebut salah satu sebab banyak penambahan positif karena masyarakat abai dengan protokol kesehatan.

"Masyarakat semakin banyak yang tidak pakai masker, mungkin itu yang menyebabkan peningkatan kasus Covid-19 di Maros," kata syarifuddin, Jumat, 3 Juli 2020.

Padahal, kata Syarifuddin, kunci utama memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Selain itu penambahan kasus positif di dominasi dari warga maros yang bekerja di Makassar.

Masyarakat semakin banyak yang tidak pakai masker, mungkin itu yang menyebabkan peningkatan kasus Covid-19 di Maros.

"Sepertinya didapat di tempat kerja di Makassar. Ada yang kerja di rumah sakit, karyawan perkantoran dan ada kontak erat dengan pasien positif dalam keluarga," ujarnya.

Agar angka positif covid-19 di Maros tidak bertambah, Syarifuddin meminta masyarakat untuk tetap jaga jarak fisik termasuk saat berada di tempat ibadah. Selain itu, Dia juga meminta untuk menghi dari kerumunan orang bayak.

"Kalau bisa hi dari dulu berjabat tangan dengan orang lain, tetap membiasakan cuci tangan sebelum melakukan kegiatan baik dengan mengginakan sabun maupun dengan menggunakan  hand sanitizer," jelasnya. []

Berita terkait
Dua Bidan Reaktif, Pelayanan Puskesmas Maros Terhenti
Pelayanan persalinan di Puskesmas Turikale, Maros Sulsel terhenti sementara akibat dua bidannya reaktif Covid-19.
Tahapan Pilkada Maros Kembali Berlanjut
KPU Maros melanjutkan tahapan Pilkada setelah menerima peraturan KPU Nomor 5/2020 terkait lanjutan tahapan Pilkada 2020.
Tujuh Petugas Medis Maros Masih Jalani Isolasi Mandiri
Tujuh tenaga medis di Kabupaten Maros Sulsel yang sebelumnya terpapar Covid-19 saat ini masih menjalani isolasi mandiri.
0
Stok Gas LPG 3 Kilogram Tersisa 6,5 Juta Tabung di Sumbar
Stok gas LPG ukuran tiga kilogram di Sumatera Barat (Sumbar) tersisa 6,5 juta tabung hingga akhir tahun 2020.