UNTUK INDONESIA
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung
Hewan peliharaan masuk pekarangan. (Foto: pelatihanayamkampung.blogspot.com)

Tegal - Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal, Jawa Tengah memusnahkan puluhan ekor ayam karena positif terserang virus flu burung. Pemusnahan dilakukan di Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan, Selasa, 15 Oktober 2019 sekitar pukul 15.00 WIB, setelah DKPPP menerima laporan adanya sejumlah ayam milik warga yang mati mendadak.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPPP Kota Tegal, Liza Atikah Purwandani mengatakan kematian mendadak ayam sudah terjadi sejak Sabtu, 12 Oktober 2019. Setiap hari, ada tiga hingga empat ekor ayam yang mati. "Tadi kami menerima laporan, ada enam ayam yang mati Untuk mencegah penyebaran dan penularan, kami langsung musnahkan bersama 19 ekor ayam yang masih hidup, " katanya kepada Tagar.

Menurut Liza, selain indikasi dari kematian mendadak, hasil rapid test yang dilakukan juga menunjukkan kematian ayam karena terserang virus flu burung atau H5N1. "Hasil rapid test positif flu burung, sehinga kami lakukan pemusnahan unggas terokalisir," jelasnya. ‎

Pemusnahan ‎dilakukan dengan cara disembelih, dibakar, dan dikubur. Langkah ini untuk mencegah penyebaran virus dan penularan ke manusia. "Jumlah jumlah ayam yang dimusnahkan ada 38 ekor," ungkap Liza.

‎Liza menyebutkan, kasus kematian unggas karena flu burung sebelumnya juga terjadi di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur pada September lalu. Namun langkah pemusnahan tidak dilakukan karena pemilik ayam menolak. "Kami hanya melakukan penyemprotan desinfektan, dan memberikan sosialisasi ke warga terkait bahaya dan pencegahan flu burung," katanya.


Berita terkait
Harga Anjlok, 27.000 Ekor Ayam di Tegal Dimusnahkan
Akibat harganya anjlok, 27.000 ekor ayam pedaging di Tegal dimusnahkan.
Harga Anjlok, Peternak Semarang Bagi 12.500 Ayam Gratis
Protes anjloknya harga ayam di pasaran, sejumlah peternak ayam di Semarang membagikan 12.500 ayam gratis ke masyarakat.
Peternak Ayam di Pemalang Terancam Gulung Tikar
Peternak ayam potong di Pemalang mengurangi jumlah ayam potong agar usaha tidak gulung tikar.
0
Rumah Dinas Direhab, Kinerja Kejari Dairi Diragukan
Kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Negeri Dairi khususnya dalam penanganan kasus hukum yang menyangkut Pemerintah Kabupaten Dairi, diragukan.