UNTUK INDONESIA
Ternyata, Liga 1 dan Liga 2 Belum Pasti Digulirkan
Liga 1 dan Liga 2 dihentikan untuk sementara waktu seiring penyebaran virus corona. Namun belum ada kepastian kapan kompetisi dimulai lagi.
Liga 1 dan Liga 2 dihentikan untuk sementara waktu seiring penyebaran virus corona. Belum ada kepastian kapan kompetisi dimulai lagi. Laga Persib Bandung melawan PSS Sleman menjadi salah satu yang terakhir digelar setelah diumumkan penundaan, Minggu, 15 Maret 2020. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

Jakarta - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan untuk sementara waktu seiring penyebaran virus corona di Tanah Air. Meski dihentikan sampai 2 pekan ke depan, namun ternyata PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum bisa memastikan kapan liga kembali digulirkan. 

PSSI sudah mengumumkan penundaan kompetisi pada Sabtu, 14 Maret 2020. Dengan keputusan itu, maka pertandingan pada hari Sabtu dan Minggu, 15 Maret 2020 menjadi yang terakhir. 

Saat itu kompetisi Shopee Liga 1 sudah memasuki laga ketiga. Sedangkan Liga 2 baru memulai pertandingan.  

Kapan liga akan bergulir? Kami menunggu perkembangan. Yang jelas kami menyetop Liga 1 dan Liga 2 sampai 2 minggu ke depan

Usai mengumumkan penundaan kompetisi, PSSI dan operator liga mengambil langkah selanjutnya. Federasi bersama operator liga dan manajemen seluruh klub baik di Liga 1 dan Liga 2 menggelar pertemuan di Jakarta, Senin, 16 Maret 2020 WIB malam. 

Pertemuan itu menyikapi perintah Presiden Joko Widodo terkait kegiatan yang menimbulkan keramaian. Termasuk diterapkannya sosial distancing dengan menjauhi kerumunan dan menunda kegiatan massal.

"Kami bersama PT LIB dan klub mengadakan pertemuan untuk menyikapi arahan dari pemerintah Bapak Presiden. Dari arahan Presiden, semua kegiatan yang menimbulkan keramaian massa supaya bisa diberhentikan," ujar Ketua Umum PSSI M. Iriawan seperti dikutip Antara.

"Kapan liga akan bergulir? Kami menunggu perkembangan. Yang jelas kami menyetop Liga 1 dan Liga 2 sampai 2 minggu ke depan," kata dia menambahkan.

Penghentian kompetisi semula direncanakan hanya akan berlangsung 2 pekan. Namun pemerintah tengah bekerja keras menanggulangi virus corona. Atas situasi ini PSSI memutuskan menunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Selain kompetisi, PSSI juga mengambil langkah preventif untuk menghentikan program pemusatan latihan timnas U-16 di Cikarang. Para pemain langsung dipulangkan ke tempat asalnya masing-masing.

"Khusus timnas U-16 kami percepat pemusatan latihan mereka dan langsung kami pulangkan para pemain serta ofisial," ujar Iriawan.

Saat kompetisi dihentikan, Persib Bandung mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan poin 9. Mereka mencetak 3 kemenangan berturut-turut. 

Di laga terakhir di kandang sendiri di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Minggu, Persib menang 2-1 atas PSS Sleman. Bagi PSS, kekalahan itu menjadikan mereka terpuruk di zona degradasi karena baru meraih 1 poin. []

Berita terkait
Liga 1 Dihentikan, Barito Putera Liburkan Pemain
Barito Putera meliburkan pemain selama beberapa hari setelah PSSI menghentikan kompetisi musim 2020 untuk sementara waktu.
PSM Makassar Tak Masalah Liga 1 Ditunda Sebab Corona
PSM Makassar tak mempermasalahkan bila kompetisi Shopee Liga 1 2020 mengalami penundaan. PSSI sendiri menyatakan Liga 1 dan Liga 2 ditunda.
PSSI Resmi Hentikan Liga 1 dan 2 Imbas Corona
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan resmi menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sebagai imbas Covid-19, pada Sabtu.
0
Bara JP: Agar Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran
Agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dalam situasi darurat Covid-19, pemerintah secara efektif bisa menggandeng barisan relawan. Bara JP.