Ternyata Ini Fungsi Lemak bagi Tubuh

Keberadaan lemak dalam porsi makanan Anda penting untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.
Ilustrasi Lemak Perut. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Lemak di dalam tubuh sering dianggap mengganggu penampilan atau kesehatan. Padahal fungsi lemak bagi tubuh sangat banyak. Keberadaan lemak di dalam tubuh hanya akan mengganggu penampilan dan membahayakan kesehatan jika jumlahnya berlebihan.

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebagaimana protein dan karbohidrat. Tubuh membutuhkan lemak yang tidak bisa dihasilkan sendiri, misalnya asam lemak omega-3. 

Keberadaan lemak dalam porsi makanan Anda penting untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.

Meskipun kata lemak lebih sering diasosiasikan sebagai sesuatu yang jahat, sebenarnya tidak semua lemak buruk. Sedikit lemak adalah bagian penting dari pola makan yang sehat dan seimbang. 

Sebab, lemak adalah sumber asam lemak esensial, yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri.

Lemak membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E. Vitamin ini larut dalam lemak, yang hanya dapat diserap dengan bantuan lemak. Lemak apa pun yang tidak digunakan oleh sel tubuh atau diubah menjadi energi diubah menjadi lemak tubuh. Selain itu, karbohidrat dan protein yang tidak terpakai juga akan diubah menjadi lemak tubuh.

Berikut adalah fungsi lemak bagi tubuh.


Isolasi dan Pengaturan Suhu Tubuh

Sel lemak, disimpan dalam jaringan adiposa, melindungi tubuh dan membantu mempertahankan suhu inti tubuh yang normal. Jaringan adiposa tidak selalu terlihat, tetapi jika kamu kelebihan berat badan, kamu mungkin dapat melihatnya di bawah kulit.


Kamu juga mungkin melihat banyak jaringan adiposa di area tertentu, menyebabkan bercak kental di sekitar paha dan perut. Lemak tersimpan lainnya mengelilingi organ vital dan menjaganya agar terlindungi dari gerakan tiba-tiba atau benturan dari luar.


Membantu menyehatkan kulit dan rambut

Selain berfungsi membantu proses penyerapan sejumlah vitamin dan sumber nergy bagi tubuh, lemak juga membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.


Fungsi Biologis Lain

Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), linoleic acid (LA), dan alpha linolenic acid (ALA). Tanpa asam lemak esensial ini, beberapa fungsi vital akan terganggu, sehingga harus disediakan oleh makanan. 

LA dan ALA dapat diubah menjadi asam lemak rantai panjang dan senyawa dengan sifat seperti nergy atau inflamasi (seperti prostaglandin atau nergyiene, masing-masing). 

Dengan demikian, asam lemak esensial terlibat dalam banyak proses fisiologis seperti pembekuan darah dan penyembuhan luka.[]


Sumber energi bagi tubuh

Lemak juga dapat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi lemak secara berlebihan demi meningkatkan energi.

Itulah beberapa fungsi dari lemak, kadang memang kita berfikir bahwa lemak adalah sesuatu yang mengganggu, padahal lemak jua memiliki fungsi yang penting bagi tubuh kita.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Hindari Jadi Sumber Penyakit Ini Cara Tepat Perangi Lemak
Lemak dianggap penyebab berbagai penyakit. Jadi produk makanan juga ada yang dibuat dengan kadar lemak rendah
Kenali Apa Itu Kronobiologi, Bakteri Jahat, dan Lemak Tersembunyi
Tak cukup olahraga dan jaga pola makan, untuk diet berhasil, perlu mengenal tiga makhluk ini: kronobiologi, bakteri jahat, dan lemak tersembunyi.
6 Cara Mudah Menghilangkan Timbunan Lemak di Perut
Berikut Tagar rangkumkan 6 cara mudah yang sudah terbukti dapat membantu menghilangkan lemak di perut.
0
Ternyata Ini Fungsi Lemak bagi Tubuh
Keberadaan lemak dalam porsi makanan Anda penting untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.