UNTUK INDONESIA
Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Saat di Manchester
Di Kota Manchester, Inggris, kita bisa menikmati wisata budaya dan sejarah di negara Ratu Elizabeth tersebut.
Etihad Stadium. (Foto : Instagram/stadium.shack)

Jakarta - Kota Manchester di Inggris kesohor berkat dua nama klub sepak bola besar, yaitu Manchester United (MU) dan Manchester City (MC). Manchester merupakan kawasan perkotaan terbesar ketiga di Britania Raya. 

Kota yang terletak di bagian tengah-selatan Inggris Barat Laut ini juga memiliki tempat tujuan wisata yang tidak kalah menariknya seperti wisata budaya, sejarah, dan sebagainya.

Maka dari itu, kota Manchester bisa menjadi rekomendasi yang pas bagi para pelancong mancanegara yang ingin berlibur ke negara Ratu Elizabeth tersebut. 

Berikut Tagar merangkum tempat- tempat wisata yang wajib kita kunjungi saat berada di Manchester, Inggris.

1. Old Trafford

Old Trafford StadiumOld Trafford Stadium (Foto : Instagram/mufc_matchday_pics)

Bagi para pecinta sepak bola wajib mengunjungi bangunan megah yang berada di kota Manchester, Inggris. Stadion ini dibangun pada 1909 dan dibuka sejak 19 Februari 1910, selain itu bangunan stadion ini bisa menampung orang dengan kapasitas 75.635 kursi penonton.

Arsitektur bangunan yang mewah serta hijau rumput lapangannya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke sini. Bangunan yang menjadi kandang bagi klub sepakbola Manchester United (MU) ini selalu ramai dikunjungi terlebih ketika tim berjuluk the red devils ini berlaga.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke sini akan ditawarkan paket tur mengelilingi stadion Old Trafford. Harga yang diberikan sebesar 18 poundsterling atau berkisar Rp 324.000 per orang.

Tersedia juga paket tour plus treble foto yaitu berfoto dengan tiga piala ketika Manchester United meraih Treble, biayanya sebesar 26 poundsterling atau kurang lebih setara dengan Rp 468.000 per orang.

Old Trafford Tour buka setiap Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 09.30-17.00 waktu Manchester.

2. Town Hall

Town Hall ManchesterTown Hall Manchester (Foto : Instagram/eleena.vb)

Town Hall di Albert Square menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki tema arsitektur Neo-Gothic di Britania Raya, bangunan megah ini menjadi salah satu ikon landmark di kota Manchester.

Pengunjung yang datang ke sini bisa melihat beberapa karya seni patung di bagian luar bangunan ini, di antaranya patung dari Roman General Agricola, patung St. George, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu, di dalam gedung ini juga wisatawan bisa menemukan lukisan mural yang berjudul "History of Manchester" karya Ford Madox Brown yang terkenal.

Bangunan yang memiliki menara penunjuk jam ini juga selalu menjadi tempat untuk orang-orang berswafoto dan membagikannya di sosial media.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Town Hall tidak dipungut biaya sepese pun tapi hanya perlu membayar tarif parkir saja. Nantinya jika datang ke sini para pengunjung akan diminta mendaftarkan diri terlebih dahulu.Jangan khawatir tutup, karena tempat ini selalu buka 24 jam setiap hari.

3. Etihad Stadium

Etihad StadiumEtihad Stadium. (Foto : Instagram/stadium.shack)

Stadion City of Manchester atau sekarang lebih dikenal dengan nama Etihad Stadium identik dengan salah satu klub sepakbola di kota Manchester.

Bangunan yang mulai dibuka sejak 25 Juli 2002 ini menjadi kandang salah satu tim besar yaitu Manchester City (MC) mulai tahun 2003.

Pada awalnya stadion ini dibangun sebagai tempat penyelenggara Pesta Olahraga Persemakmuran Negara-negara jajahan Inggris pada tahun 2002.

Bangunan megah yang berkapasitas 55,097 orang ini selalu ramai dikunjungi terlebih ketika klub Manchester biru itu berlaga. Maka dari itu, bagi penggemar Manchester City yang biasa disebut The Citizens wajib datang ke tempat ini ketika sedang melancong ke Inggris.

Pengunjung yang ingin datang ke sini akan ditawarkan paket tur mengelilingi Etihad Stadium dengan harga yang bervariasi. Untuk orang dewasa dikenakan tarif 14 poundsterling berkisar Rp 252.000 per orang, dan untuk anak di bawah 16 tahun serta manula di atas 65 tahun cukup membayar sebesar 10 poundsterling atau setara dengan Rp 180.000 per-orang.

Stadium and Club Tour buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 dan khusus hari minggu buka pukul 10.00 waktu Manchester.

4. Manchester Art Gallery

Manchester Art GalleyManchester Art Gallery. (Foto : Instagram/bethanyisginger)

Terletak di pusat kota Manchester tepatnya di Jalan Mosley tempat ini bisa menjadi pilihan untuk berwisata ketika berada di kota ini. Manchester Art Gallery (Galeri Seni Manchaster) ini memiliki luas area 75.000 meter persegi dan mulai dibuka sejak tahun 1823.

Tempat ini buka tujuh hari dalam seminggu untuk wisatawan yang ingin datang ke sini, serta tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis. Pengunjung yang menyambangi Manchester Art Gallery (Galeri Seni Manchester) ini akan disuguhkan lebih dari 25.000 koleksi karya seni. Di antaranya 2000 oil painting, 3000 lukisan warna air, 250 patung, 90 miniatur, dan masih banyak lagi.

Manchester Art Gallery buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00, kecuali hari senin buka lebih siang pukul 11.00 waktu Manchester.

Pengunjung yang ingin datang ke sini tidak akan dikenakan biaya terkecuali jika ada yang ingin menyumbang diperbolehkan di kotak yang tersedia.

5. Museum Manchester

Manchester MuseumManchester Museum. (Foto : Instagram/manc_wanderer)

Museum Manchester ini dimiliki oleh University of Manchester, yang merupakan salah satu kampus terbaik di Inggris. Tidak hanya menjadi tempat wisata, tapi sering digunakan untuk keperluan akademik dan sumber riset.

Dibangun pada tahun 1867 museum ini memiliki koleksi sekitar 4,5 juta benda dari berbagai benua, di antaranya karya arkeologi, antropologi, dan sejarah alam.

Sehingga tidak heran tempat wisata terbaik di Manchester ini dikunjungi sekitar 360.000 orang setiap tahunnya. Sama seperti Manchester Art Gallery, Museum Manchester juga buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 waktu Manchester. Untuk berkunjung ke sini tidak dikenakan biaya.

Untuk pengunjung dari Indonesia yang ingin berwisata di Manchester bisa menaiki pesawat.

Namun perlu diingat, jika ingin pergi ke luar negeri dibutuhkan Visa terlebih dahulu. Biaya pembuatan visa untuk ke Eropa diketahui seharga 60 euro berkisar Rp 924.000 untuk usia diatas 12 tahun dan 35 euro sekitar Rp 539.000 untuk usia 6 sampai 12 tahun.

Nantinya visa tersebut hanya untuk masa tinggal maksimal selama 90 hari. Tiket pesawat untuk pergi ke Manchester sangat bervariasi, yang perlu diketahui tidak ada sekali penerbangan ke sana yaitu dengan minimal satu kali transit.

Misalnya seperti Etihad Airways transit di Abu Dhabi, Turkish Airlines di Istanbul, Emirates Airways di Dubai. Biaya terbang untuk satu kali ke sana saat ini berkisar mulai dari Rp 10.000.000 per orang. []

Berita terkait
Bangga! Indonesia Jadi Negara Wisata Terpopuler 2019
Indonesia dinobatkan sebagai negara terbaik untuk berwisata pada tahun 2019 dengan skor 92,78.
Destinasi Wisata Lima Negara yang Harus Dihindari
Alasan keamanan hingga peraturan yang ketat kepada turis membuat beberapa negara dihindari sebagai destinasi wisata.
Kami Ingin Lebih Banyak Lagi Wisatawan Muslim Berkunjung ke Negara Kami
Kami ingin lebih banyak lagi wisatawan muslim berkunjung ke negara kami. Konsep wisata halal di Taiwan, begini detailnya.
0
Wagub Sulsel Minta Pasien Corona Dirawat di Makassar
Wagub Sulsel meminta kepada seluruh kabupaten/kota yang memiliki ODP, PDP dan OTG serta pasien positif Covid-19 agar dirujuk ke Makassar.