UNTUK INDONESIA
Destinasi Wisata Lima Negara yang Harus Dihindari
Alasan keamanan hingga peraturan yang ketat kepada turis membuat beberapa negara dihindari sebagai destinasi wisata.
Sebuah hotel di Mogadishu, Somalia diserang kelompok teroris Al Shabaab pada Juli 2019 lalu. (Foto: Reuters)

Jakarta - Mengunjungi negara lain untuk berwisata merupakan pengalaman yang berharga. Selain bisa mengunjungi lokasi wisata yang belum tentu ada di tempat lain, berpelesir ke luar negeri dapat menjadi ajang untuk mengenal sosial budaya masyarakat di belahan bumi yang lain.

Namun, ada beberapa negara yang direkomendasikan untuk tidak dikunjungi. Bukan karena alasan keamanan saja, tetapi peraturan ketat dari suatu negara kepada turis juga menjadi aspek yang diperhitungkan sebelum berwisata. 

Berikut Tagar rangkumkan lima destinasi negara yang paling tidak direkomendasikan untuk dikunjungi.

1. Korea Utara

Korea Utara (Korut) menjadi negara yang paling tertutup dari kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi di dunia. Tentu bukan tanpa alasan Korea Utara melakukan hal itu. 

Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan sebelum mendatangi negara ini, seperti kebijakan visa yang ketat, keterbatasan akses internet dan telekomunikasi, akses keluar-masuk negara, hingga kebebasan mengunjungi lokasi wisata di negara itu yang sangat dibatasi.

Pada 2017 lalu, seorang mahasiswa asal Amerika Serikat (AS) bernama Otto Frederick Warmbier dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa, setelah dituduh mencuri poster propaganda dari lobi hotel tempatnya menginap di Pyongyang, Korut. Pria tersebut, lalu dipulangkan ke AS pada 13 Juni 2017 dalam kondisi koma. Warmbier kemudian meninggal pada 19 Juni 2017 lalu.

PyongyangIbu kota Korea Utara, Pyongyang. (Foto: Pixabay/Reijo Telaranta)

2. Somalia

Somalia merupakan negara yang terletak di Afrika Timur. Negara ini memiliki permasalahan dalam negeri yang cukup kompleks, seperti serangan terorisme, kriminalitas yang tinggi, hingga kondisi ekonomi nasional yang buruk.

Hal ini membuat Pemerintah Australia mengeluarkan peringatan larangan perjalanan wisata (do not travel advice) kepada seluruh warga negaranya, jika hendak berwisata ke Somalia.

Pada 26 Juli 2019 lalu, kelompok teroris menyerang sebuah hotel yang terletak di ibu kota Somalia, Mogadishu. Penyerangan tersebut melalui ledakan bom yang diletakkan dalam mobil di dekat hotel itu, akibat kejadian itu menewaskan 26 orang. Diketahui, kelompok teroris Al Shabab mengaku bertanggungjawab atas teror tersebut.

MogadishuSebuah hotel di Mogadishu, Somalia diserang kelompok teroris Al Shabaab pada Juli 2019 lalu. (Foto: Reuters)

3. Sudan Selatan

Sudan Selatan merupakan sebuah negara di Afrika yang merdeka pada 9 Juli 2011. Negara yang memisahkan diri dari Sudan ini menjadi salah satu negara yang paling tidak direkomendasikan untuk dikunjungi sebagai pilihan berwisata. 

Beberapa hal membuat negara ini urung didatangi, seperti perang sipil, penculikan, dan kekerasan dengan senjata api. Salah satu negara yang melarang warganya untuk berwisata ke Sudan Selatan adalah Amerika Serikat. 

Dalam situs resmi pemerintah AS, mereka mencantumkan 20 syarat yang harus dipenuhi warganya, jika memaksakan diri untuk berwisata ke Sudan Selatan, seperti menghindari tempat-tempat rawan konflik.

JubaPenampakan ibu kota Sudan Selatan, Juba. (Foto: Wikipedia/D Chol)

4. Venezuela

Venezuela merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Saat ini Venezuela menjadi salah satu negara yang paling berbahaya untuk dikunjungi. 

Krisis ekonomi dan politik yang berkepanjangan di negara ini menjadi faktor penunjang untuk tidak mengunjungi negara yang dipimpin Nicolas Maduro ini.

Aksi penjarahan, penculikan, pemadaman listrik, dan kesulitan akses internet membuat faktor yang dapat mengancam turis, terutama yang berasal dari luar negeri. Padahal, negara tersebut memiliki banyak destinasi wisata, seperti Pulau Margarita, Taman Nasional Canaima, serta wisata pantai dan bawah laut Los Roques.

VenezuelaTaman Nasional Canaima, Venezuela. (Foto: Wikipedia/Paolo C. Baldi)

5. Ukraina

Ukraina menjadi salah satu negara di Eropa yang paling dihindari untuk berwisata. Beberapa daerah Ukraina yang berbatasan dengan Rusia menjadi lokasi konflik antar negara. 

Selain itu, ada banyak kelompok separatis yang terdapat di negara bekas Uni Soviet tersebut. Bahkan, kriminalitas dan angka pencurian yang tinggi membuat Ukraina rentan bagi turis untuk berlibur.

UkrainaPenampakan ibu kota Ukraina, Kiev. (Foto: Pixabay/Katatonia)

Baca juga:

Berita terkait
Lima Tarian Indonesia yang Dikagumi Mancanegara
Salah satunya kekayaan kesenian tari asal negara kita sangat dikagumi oleh dunia.
Berhijab, Awkarin Nikmati Kopi dan Wisata Khas Aceh
Awkarin ke Aceh untuk syuting ternyata ada yang menarik dari penampilannya, seperti apa gayanya?
Kota Parapat Sepi, Wisatawan Serbu Samosir
Wisatawan sepertinya tak menikmati liburan ke Parapat. Akibat tidak adanya tempat menarik di kota tepian Danau Toba itu.
0
Bupati Minahasa Datang Bukan Atas Undangan Jokowi
Kedatangan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu ke Istana bukan atas undangan Presiden Jokowi tapi usulan dari Partai Golkar