Target Swasembada Gula di Sumut Diyakni Tercapai

PT Perkebunan Nusantara II (Persero)optmistis akan mencapai target swasembada gula sesuai program pemerintah.
Koordinator Humas PTPN II, Sutan Panjaitan bersama Kasubbag Humas Polrestabes Medan, Kompol Edward N Saragih saat pembersihan lahan di Deliserdang, Sumatera Utara. (Foto:Jufri Pangaribuan)

Binjai - PT Perkebunan Nusantara II (Persero) atau PTPN II optimistis akan mencapai target swasembada gula sesuai program Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang peningkatan produksi gula. Untuk itu, PTPN II akan mengambil alih seluruh lahan dan melakukan pembersihan terhadap lahan yang masih dikuasai masyarakat penggarap di Kebun Sei Semayang, Sumatera Utara (Sumut).

Koordinator Humas PTPN II, Sutan Panjaitan mengatakan persero tengah berupaya untuk bangkit dari keterpurukan. "Tujuan mengambilalih lahan di Kebun Sei Semayang untuk memenuhi target swasembada gula yang diprogram pemerintah," katanya di Binjai, Rabu, 27 November 2019.

Sutan optimistis setelah seluruh lahan Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II berhasil diambil alih, perseroan akan mencapai target swasembada gula nasional, khususnya di Sumatera Utara. "Butuh tenaga ekstra untuk bangkit dari posisi kita saat ini," ungkapnya.

Menurutnya, sebelum melakukan upaya pembersihan lahanpihak PTPN II sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang menguasai lahan tersebut dan menawarkan tali asih atas tanaman yang terkena okupasi. "Saat ini lahan negara dikuasai oleh orang yang tidak berkepentingan demi meraup keuntungan pribadi, karena itu, pengambilalihan lahan ini wajib dilakukan," jelas Sutan

Sutan menambahkan pembersihan lahan tidak hanya menguntungkan perusahaan, tapi juga masyarakat sekitar dengan terbukanya lapangan pekerjaan. "Untuk mensukseskan pembersihan lahan, PTPN II menggandeng personil kepolisian dan TNI, agar berjalan kondusif, lancar dan aman," ucapnya. Sebelumnya, sesuai sertifikat nomor 55, PTPN II masih memiliki hak atas lahan seluas 594,76 hektare hingga tahun 2028. []

Berita terkait
Khofifah Beber Jurus Wujudkan Swasembada Garam
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membeberkan jurus jitunya mewujudkan Jawa Timur swasembada garam
Tiga Tahun Jokowi-JK, Swasembada Pangan Tercipta Sekarang
Swasembada pangan murni dari masyarakat tercipta pada pemerintahan ini. Walaupun ada yang menilai pemerintah belum menjadikan pertanian modal penyejahteraan.
Luhut Minta Percepat Swasembada Garam
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, swasembada garam harus bisa dicapai tahun 2019.
0
Ramalan Zodiak Minggu 10 Juli 2022, Peruntungan Cinta
Ramalan zodiak Minggu 10 Juli 2022, untuk semua zodiak yang menggambarkan tentang sebuah peruntungan dalam cinta yang akan Anda alami hari ini