Tangkal Hoaks, Kominfo Bangun Media Center PPKM Darurat

Informasi yang diberikan akan membawa manfaat kepada masyarakat ketika menjalankan kebijakan PPKM Darurat dalam benerap pekan depan.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate. (Foto: Tagar/Kominfo)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun media center Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Hal ini untuk memberikan informasi yang benar ke masyarakat terkait pelaksanaan kebijakan tersebut beberapa pekan depan.

"Saat ini kita dengan Kemenko Marives, KPCPEN, Kemenkes, Satgas Covid-19 telah membangun media center PPKM Darurat," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate melalui siaran konferensi virtual, Minggu, 4 Juli 2021.

Dia menjelaskan, melalui media center tersebut, setiap informasi yang berkaitan dengan PPKM Darurat akan disampaikan oleh pemerintah melalui berbagai kanal komunikasi. Sehingga, validitas informasi yang didapatkan oleh masyarakat tentunya dapat dijamin keabsahannya.

Dengan begitu, informasi yang diberikan akan membawa manfaat kepada masyarakat ketika menjalankan kebijakan PPKM Darurat dalam beberapa pekan depan. Mengingat kebijakan ini dilakukan demi melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19 yang tingkat infeksinya semakin meningkat tajam.


Saat ini terlalu banyak informasi keliru yang membingungkan masyarakat dan membuat takut.


"Untuk menyampaikan update setiap perkembangan kebijakan PPKM Darurat kepada masyarakat," kata dia.

Penjelasan yang didapatkan dari media center, lanjut dia, akan menjauhkan masyarakat potensi penyebaran informasi tidak benar (hoaks) di berbagai kanal komunikasi. Karena, terdapat sejumlah oknum yang dengan sengaja menyebarkan informasi tersebut.

"Saat ini terlalu banyak informasi keliru yang membingungkan masyarakat dan membuat takut," katanya.

Dengan mengkonsumsi informasi yang benar dapat berpengaruh terhadap setiap invidu masyarakat secara fisik. Sehingga, menjadi lebih kuat dalam menghadapi ancaman dari Covid-19 yang tengah meningkat tajam beberapa waktu belakangan ini.

"Kita perlu menjaga kenyamanan dan percaya diri masyarakat sehingga kuat menghadapi pandemi," katanya

Baca Juga: Kasus Baru Covid-19 Diperkirakan Naik Meskipun Ada PPKM Darurat

Berita terkait
Pasokan Obat-obatan dan Alat Kesehatan di Masa PPKM Darurat
Pemerintah terus melakukan optimalisasi rantai suplai dan distribusi obat-obatan dan alat kesehatan (alkes) untuk memenuhi kebutuhan nasional
Kapolri: PPKM Darurat untuk Jaga Keselamatan Rakyat
Seperti diketahui, data pemerintah menunjukan ada penambahkan sebanyak 27.913 kasus baru Covid-19 pada Sabtu, 3 Juli 2021.
Gerindra: PPKM Darurat Upaya Tangani Covid-19 dari Hulu
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan penerapan PPKM Darurat merupakan upaya penanganan Covid-19 dari hulu bukan dari hilir.
0
Menko Perekonomian Sebut Perdagangan Kripto Capai Rp 370 T
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Ke depan perdagangan kripto akan lebih mapan.