Kasus Baru Covid-19 Diperkirakan Naik Meskipun Ada PPKM Darurat

Infeksi Covid-19 diperkirakan dapat terus meningkat di Tanah Air hingga pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3 - 20 Juli 2021
Pekerja beristirahat di tengah kesibukannya di Pemakaman Rorotan yang diperuntukkan bagi mereka yang meninggal dunia akibat Covid-19, di Jakarta, Kamis, 1 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, 3 Juli 2021, mengatakan dua minggu ke depan menjadi sangat krusial dalam melihat keberhasilan upaya pemerintah terkait pengendalian virus corona (Covid-19). Infeksi Covid-19 diperkirakan dapat terus meningkat di Tanah Air hingga pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021.

Saat memerangi salah satu wabah virus terburuk di Asia itu, pemerintah melaporkan kasus harian baru tertinggi 27.913 dalam dua minggu terakhir.

"Sepuluh hari ke depan menurut hemat saya, mungkin dua minggu akan bisa naik. Karena masa inkubasi dari varian ini terus jalan. Ini masa kritis dua minggu ini," kata Luhut.

Luhut B Pandjaitan berbicara saat briefingLuhut B Pandjaitan berbicara saat briefing pagi dengan wartawan di kantornya di Jakarta, 20 Juli 2016 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Darren Whiteside)

PPKM Darurat, seperti pemeriksaan perjalanan yang lebih ketat, larangan makan di restoran dan olahraga luar ruangan dan penutupan tempat kerja nonesensial, berlaku hingga 20 Juli 2021. Namun, kebijakan itu dapat diperpanjang jika diperlukan untuk mendorong kasus Covid-19 harian di Tanah Air turun di bawah angka 10.000.

Untuk membuat masyarakat tinggal di rumah, polisi membuat penghalang jalan dan membuka lebih dari 400 pos pemeriksaan di seluruh Jawa dan Bali. Polisi menurunkan lebih dari 21.000 petugas untuk membantu tes Covid-19 secara acak.

Jalan di sekitar Bundaran Hotel IndonesiaJalan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, pada 24 Mei 2020. (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Lalu lintas di Ibu Kota Jakarta jauh lebih sepi dari biasanya. Moda transportasi kereta api dan bus terlihat hampir kosong, tetapi beberapa orang masih terlihat menggunakan trotoar untuk jogging dan bersepeda, meskipun jalan utama ditutup.

Di Pasar Seni Ubud, Bali, pramuniaga Ketut Suwarni menyayangkan pembatasan dan penundaan pembukaan kembali pulau tersebut untuk wisatawan mancanegara, yang telah direncanakan untuk bulan ini.

"Kami sudah tutup selama 15 bulan dan telah melakukan persiapan, tetapi tiba-tiba ada pembatasan ini," katanya, seraya menambahkan bahwa dia memperkirakan penjualan, yang meningkat setelah turis domestik kembali, turun lagi. "Kami bingung sekarang."

Varian Delta yang sangat menular, pertama kali diidentifikasi di India di mana ia menyebabkan lonjakan infeksi, menyebar di Indonesia dan mendorong rumah sakit di seluruh Jawa dalam keadaan kritis.

dua nakes istirahat di rs ciamisDua orang tenaga kesehatan beristirahat sejenak saat menunggu pasien di ruang isolasi Covid-19 Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, 14 Juni 2021 (Foto: bbc.com/indonesia – ANTARA FOTO)

Dalam sebuah pernyataan, inisiatif data independen Lapor-Covid-19 mengatakan sistem medis di Tanah Air telah "kolaps" setelah menemukan setidaknya 265 kematian yang terjadi di luar rumah sakit, pada saat orang mengisolasi diri di rumah atau mengantre untuk masuk RS.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, membantah bahwa fasilitas medis nasional; telah kolaps, tetapi ia tidak mengomentari kematian tanpa perawatan medis.

Seorang pasien Covid-19 sedang menerima oksigenSeorang pasien Covid-19 sedang menerima oksigen di tenda gawat darurat di sebuah rumah sakit di Jakarta, Kamis, 24 Juni 2021. (Foto: voaindonesia.com - Ajeng Dinar Ulfiana/Reuters)

Dengan fasilitas medis yang hampir mencapai kapasitas maksimal, permintaan oksigen dan obat-obatan melonjak karena banyak orang mengisolasi diri di rumah. Akibatnya harga di apotek dan penjualan daring ikut meroket.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah membatasi harga obat-obatan seperti Favipiravir, Remdesivir dan Ivermectin.

Kantor Berita Reuters mengutip Antara melaporkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengubah beberapa ruang kantor menjadi pusat isolasi darurat, untuk memastikan lebih banyak tempat tidur untuk pasien.

Pihak berwenang juga berusaha mempercepat upaya vaksinasi di daerah-daerah yang paling parah dilanda virus corona. Kampanye vaksinasi hanya mencakup 7,7% dari 181,5 juta warga yang ditargetkan pemerintah pada tahun ini (ah/vm)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Menaker Minta Perusahaan dan Pekerja Patuhi PPKM Darurat
Menaker Ida Fauziyah meminta manajemen perusahaan dan pekerja/buruh untuk mematuhi kebijakan pemerintah tentang PPKM Darurat
Pengetatan Perjalanan Transportasi Umum di Masa PPKM Darurat
Kemenhub terbitkan aturan berupa pengetatan perjalanan dengan transportasi umum di masa PPKM Darurat Jawa dan Bali
Jubir Jokowi: PPKM Darurat untuk Keselamatan Bersama
Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengatakan kebijakan PPKM darurat upaya menyelamatkan rakyat Indonesia dari Covid-19.
0
Kasus Baru Covid-19 Diperkirakan Naik Meskipun Ada PPKM Darurat
Infeksi Covid-19 diperkirakan dapat terus meningkat di Tanah Air hingga pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3 - 20 Juli 2021