Tak Perlu Gula, Inilah 4 Alternatif Pemanis Alami

Konsumsi gula berlebih menjadi sumber beberapa penyakit. Oleh Karena itu, diperlukan bahan pemanis pengganti gula agar mengurangi risiko penyakit.
Ilustrasi - Madu. (Foto: Tagar/Pexels/Polina Kovaleva)

Jakarta – Makanan atau minuman manis menjadi kegemaran sebagian besar orang. Umumnya, makanan atau minuman manis tersebut mengandung gula di dalamnya.

Makanan manis yang digemari banyak orang pun kemudian membuat permintaan gula naik sehingga harga gula tak jarang ikut naik pula. Di sisi lain, konsumsi gula berlebih menjadi sumber beberapa penyakit. Oleh karena itu, pemanis alami yang bisa menjadi pengganti gula menjadi penting untuk diketahui.

Berikut ini adalah empat pemanis alami pengganti gula.


Gula Aren

Indeks glikemik yang dimiliki gula aren lebih rendah daripada gula pasir. Hal ini membuat gula aren memiliki potensi kenaikan gula darah yang lebih rendah daripada gula pasir. Selain itu, gula aren juga memiliki beberapa kandungan zat yang bermanfaat, yakni nutrisi, antioksidan, kalsium, kalium, dan zat besi. Meskipun demikian, konsumsi gula aren perlu diperhatikan. Sebab, gula aren memiliki kandungan fruktosa dan kalori yang tinggi.


Madu

Cairan kental dari lebah yang berwarna emas ini dapat menjadi pemanis alami pengganti gula. Madu juga mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh. Dua di antaranya adalah asam fenolik dan flavonoid yang membuat madu memiliki aktivitas antioksidan tinggi. Selain antioksidan, madu juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Oleh karena itu, madu sering digunakan sebagai alternatif pemanis bagi penderita diabetes.


Sirup Jagung Berfruktosa Tinggi

Sirup ini berbahan dasar jagung yang bisa menjadi pengganti gula. Sebab, sesuai dengan namanya, sirup ini mengandung fruktosa tinggi. Umumnya, sirup ini sudah digunakan sebagai pengganti gula dalam beberapa jenis minuman dan makanan ringan. Namun, konsumsinya tidak boleh berlebihan. Sebab, fruktosa mampu meningkatkan risiko terjadinya diabetes, obesitas, dan penyakit serius lain.


Sirup Maple

Sirup yang berasal dari getah pohon maple ini mampu menjadi pengganti gula. Dibandingkan dengan madu, pemanis alami ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Sirup maple juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya adalah diabetes tipe satu.

Kandungan oligosakarida di dalam sirup ini mampu melawan diabetes tipe satu pada tikus. Meskipun demikian, sirup maple memiliki kandungan gula. Namun, indeks glikemiknya tidak setinggi gula pasir.

Demikian adalah empat pemanis alami yang bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir. Adapun, tingginya harga dan indeks glikemik gula bisa menjadi pertimbangan untuk memilih keempat pemanis alami tersebut. []



Baca juga


Berita terkait
7 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Buah manis dengan warna daging oranye ini ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita loh. Mau tau apa saja?
Tips Ampuh Menjaga Kesegaran Kulit Selama Berpuasa
Selama berpuasa, tubuh berisiko mengalami dehidrasi dan ini juga mempengaruhi kesegaran kulit. Berikut tips menjaga kesegaran kulit selama puasa.
7 Manfaat Beauty Blender dalam Dunia Kecantikan
Beauty blender yang biasa Anda gunakan untuk mengaplikasikan dan membaurkan foundation dan concealer ini ternyata juga memiliki manfaat lain.
0
Tak Perlu Gula, Inilah 4 Alternatif Pemanis Alami
Konsumsi gula berlebih menjadi sumber beberapa penyakit. Oleh Karena itu, diperlukan bahan pemanis pengganti gula agar mengurangi risiko penyakit.