UNTUK INDONESIA
Kurang Minum dan 4 Kebiasaan Bikin Gula Darah Naik
Kebiasaan sehari-hari sering kali diabaikan ternyata bisa menjadi faktot pernyebab kenaikan gula darah.
Ilustrasi Gula Darah. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Kebiasaan sehari-hari yang kerap kali dilakukan bisa meningkatkan kadar gula darah dan hal itu sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Bukan hanya karena mengonsumsi makanan manis berlebihan, tetapi ada banyak penyebab lain dan sering tidak disadari. 

Berikut Tagar rangkumkan kebiasaan sehari-hari menjadi penyebab gula darah naik yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Kurang Minum Air

Kurangnya minum air bisa menjadi penyebab gula darah naik. Mungkin inilah yang kerap diabaikan setiap orang, padahal dehidrasi dan diabetes itu memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. 

Dari laporan Journal Diabetes Care menyebutkan asupan cairan yang rendah dapat mengakibatkan gula darah meningkat. Dalam penelitian ini, diketahui jika orang dewasa yang hanya mengonsumsi air kurang dari setengah liter per harinya, ternyata berisiko dengan kenaikan kadar gula darah dibandingkan dengan seseorang yang minum air lebih dari 1 liter setiap harinya. 

Apabila Anda sudah dehidrasi, akan mamacu tekanan darah naik hingga menimbulkan hormon stres. Dengan dua hal inilah, ternyata kadar gula darah bisa meningkat secara drastis. 

2. Malas Bergerak

Jarang bergerak hingga bermalasan-malasan menjadi penyebab kadar gula darah naik. Jadi aktivitas fisik sangat mempengaruhi karena bisa membantu dan membersihkan zat glukosa dari darah. 

Anda bisa melakukan olahraga teratur untuk mengatasi penyakit diabetes hingga menurunkan resiko penyakit jantung dan strok. Jika Anda malas bergerak ternyata bisa menyebabkan resistensi insulin dan hal itu akan jadi penyebab diabates melitus. 

Untuk itu, Anda harus menjaga pola hidup dan menghindari kebiasaan yang buruk, seperti merokok dan minum alkohol berlebihan. 

3. Melewatkan Waktu Sarapan

Kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan ini, ternyata bisa menyebabkan kadar gula darah naik. Jadi Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan rendah karbohidrat seperti telur, bayam, jamur, dan tomat.

Menurut para ahli, jika Anda sering melewatkan sarapan bisa membuat sel-sel beta pankreas menunda pelepasan insulin. Sehingga mengakibatkan kadar gula akan selalu tinggi dalam waktu yang cukup lama. 

Jadi untuk menghindari hal itu, sudah seharusnya mengawali pagi dengan sarapan yang sehat dan bergizi seimbang. Tetapi, yang juga perlu diingat Anda sudah harus menghindari makan malam yang terlalu berat. 

4. Kurang Tidur 

Kurangnya istirahat dan pola tidur yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor kenaikan gula darah dan diabetes melitus. Para ahli dari University of Chicago mengatakan jika seseorang kurang tidur selama tiga hari menyebabkan kerja organ tubuh dalam memproses glukosa akan menurun dengan sangat drastis. 

Dari kurangnya tidur bisa merangsang nafsu makan. Akibatnya, Anda akan didorong untuk menyantap makanan berkalori tinggi sehingga hal itu bisa jadi pemicu kadar gula naik. 

Bagi Anda yang sering begadang, sudah seharusnya mulai memperhatikan hal tersebut. Sebaiknya tidurlah selama delapan jam dan hindari tidur kurang dari 6 jam per hari. 

5. Kesehatan Gusi  yang Buruk

Asosiasi dokter gigi Amerika menyebutkan kuman yang bersumber dari gusi jika mengalami infeksi bisa masuk dalam darah. Sehingga, bila gusi tidak sehat memungkinkan kadar gula darah Anda meningkat. 

Biasanya, penderita diabetes tipe 2 selalu diminta dokter gigi untuk menjaga kesehatan gusinya agar tetap sehat. Mereka yang terkena penyakit ini juga harus menghindari diri dari berbagai macam persoalan gigi dan mulut. 

Caranya, Anda harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan mulai rutin berolahraga kurang lebih 30 menit sekali. Jika, Anda sedang mengonsumsi obat-obatan dari dokter, perhatikan petunjuk yang diberikan. 

Bagi Anda yang menderita diabetes, sebaiknya mulai memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, serta rutinlah berkonsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. []

Baca juga:

Berita terkait
Enam Tanaman Obat Diabetes
Diabetes salah satu penyakit berbahaya dengan ancaman kematian, mencegahnya bisa dibantu dengan tanaman herbal.
Indonesia Masuk 10 Besar Negara Diabetes Terbanyak
Siapa sangka Indonesia termasuk negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Berikut fakta-fakta penting terkait diabetes wajib Anda tahu.
Perangi Diabetes Melitus dengan Asparagus
Di antara manfaat yang diberikannya, asparagus mampu membantu memerangi diabetes tipe 2.
0
Kajatisu: Tugas Jaksa Mengawal Proyek yang Diganggu
Kajati Sumatera mempunyai dua kewenangan, yakni mengawal proyek strategis dan memberikan pendapat hukum maupun pendamping hukum.