UNTUK INDONESIA
Tak Pakai Masker, ASN Bantaeng Dihukum Menyapu
ASN serta beberapa warga sipil terlihat menyapu di sekitar pasar sentral Kabupaten Bantaeng. Mereka dihukum karetnaa tak pakai masker.
Aparatur Sipil Negara (ASN) serta beberapa warga sipil terlihat menyapu di sekitar pasar sentral Kabupaten Bantaeng karena tak pakai masker, Senin 14 September 2020. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Aparatur Sipil Negara (ASN) serta beberapa warga sipil terlihat menyapu di sekitar pasar sentral Kabupaten Bantaeng. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk menjalani hukuman akibat tidak memakai masker saat beraktivitas luar rumah.

Diketahui saat ini personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Bantaeng menggelar sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 35 Tahun 2020. Tentang penerapan dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19, Senin 14 September 2020.

Sebelumnya kami dari Satpol PP telah mensosialisasikan baik melalui media online maupun secara mobile.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 07.00 Wita sampai 09.00 Wita. Dari sekian banyak pengunjung, total 158 warga yang diberi tindakan.

"Secara rasional di dunia kita Indonesia berada urutan ke-23 yang terjangkit virus Covid-19, ini belum berakhir sehingga perlu dilakukan langkah-langkah yang masif yang berkelanjutan," kata Kapolres Bantaeng, AKBP Wawan Sumantri.

Selain Menyapu, Juga Hukum Push Up

BantaengWarga Bantaeng dihukum push up karena tak pakai masker, Senin 14 September 2020. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Selain hukuman menyapu ada juga hukuman push up. Bagi pelanggar diperbolehkan memilih sanksi mana yang akan dijalaninya.

Dalam pelaksanaan pendisiplinan diharapkan personel yang bertugas
di lapangan bertindak secara humanis, tegas tapi sopan.

Dalam pelaksanaannya, personel juga melibatkan komunitas setempat. Diantaranya pangkalan ojek, kepala pasar dan komunitas lainnya untuk membantu mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Satpol PP, Abdullah menyampaikan terimakasih  atas segenap pihak yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam mendisiplikan masyarakat terkait perbup.

"Sebelumnya kami dari Satpol PP telah mensosialisasikan baik melalui media online maupun secara mobile, hari ini kita sudah masuk dalam fase penindakan namun tetap juga kami melakukan sosialisasi kepada pelanggar," jelasnya. []

Berita terkait
Korupsi Dana Desa, Eks Kades di Bantaeng di Penjara
Akibat korupsi dana desa tahun anggaran 2016. Mantan Kepala Desa Pattalassang Bantaeng dijebloskan ke penjara.
Penjaga Konter HP di Bantaeng Dicabein Pelajar
Seorang pelajar SMP berinisial SI, 13 tahun, nekat menyiram cairan cabai ke wajah penjaga konter HP di Kabupaten Bulukumba.
Amarah Sebut, Kasatreskrim Bantaeng Mandul
Aliansi masyarakat Tanahloe (Amarah) mengecam Kepala Satuan Reskrim (Kasatreskrim) Polres Bantaeng. Ini penyebabnya.
0
Wakil Wali Kota Bandung Dukung Wartawan Tingkatkan Kapasitas
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau agar para wartawan dan humas terus meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya.