UNTUK INDONESIA
Tak Pakai Masker, 50 Warga Semarang Kena Hukuman
Lebih dari 50 warga Kota Semarang kena hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya, push up, dan menghafalkan Pancasila, karena tak pakai masker.
Seorang warga Semarang kena sanksi sosial berupa hukuman push up karena kedapatan tidak pakai masker, Senin, 10 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Yulianto)

Semarang - Sedikitnya 50 warga Kota Semarang, Jawa Tengah, terjaring operasi yustisi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, Senin, 10 Agustus 2020. Mereka kena hukuman sosial lantaran tidak memakai masker.

Operasi yustisi tersebut merupakan kegiatan patroli kepatuhan protokol kesehatan. Sekaligus sebagai sosialisasi terakhir kepada warga sebelum rencana Pemerintah Kota Semarang menerapkan denda bagi warga yang bandel tidak menggunakan masker.

Kami tidak pandang bulu, siapa pun yang tidak memakai masker akan dikenai sanksi sosial.

Puluhan petugas Satpol PP tersebut menyasar di sejumlah titik keramaian warga. Ada empat titik yang menjadi target operasi Satpol PP kali ini, yakni Pasar Sampangan, perempatan lampu merah Sampangan, perempatan Banjir Kanal Barat, Kaligarang dan Pasar Simongan.

"Iya, operasi yustisi kali ini terkait patroli kepatuhan warga dalam penggunaan masker, dan kami laksanakan di sejumlah titik lokasi. Dari operasi kami warga yang membandel tidak menggunakan masker lebih dari 50 warga," kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, di sela memimpin operasi.

Baca juga: 

Mereka yang kedapatan tak mengenakan masker tersebut, mendapatkan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya, hukuman push up dan menghafalkan Pancasila.

Fajar berharap lewat sosialisasi tersebut warga Kota Semarang punya kesadaran dan patuh untuk menerapkan protokol kesehatan utama, pemakaian masker. Sebab Covid-19 belum ada obatnya dan pandemi belum diketahui sampai kapan berakhir.

"Kami tidak pandang bulu, siapa pun yang tidak memakai masker akan dikenai sanksi sosial," ucap dia. []

Berita terkait
Abaikan PKM, Belasan ABG di Semarang Dihukum Push Up
Tak hanya usaha yang ditertibkan, belasan ABG yang langgar PKM Semarang ikut dihukum push up
Tak Pakai Masker, Warga Medan Disuruh Push Up
Pemko Medan merazia penggunaan masker. Untuk sanksi, selain menyita KTP, juga diberikan push up kepada warga yang tak memakai masker.
Tak Pakai Masker, Warga di Kudus Tak Hafal Pancasila
Polres Kudus menggelar Operasi Patuh Candi dengan menyasar pengendara melanggar lalu lintas dan juga protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.