UNTUK INDONESIA
Syarat Mendaki Gunung Ciremai Saat New Normal
Gunung Ciremai di wilayah Kuningan dibuka kembali mulai Sabtu, 8 Agustus 2020. Berikut syarat untuk mengunjungi Gunung Ciremai.
Gunung Ciremai. (Foto: Instagram/aboutmajalengka/ky_rozali)

Jakarta - Di era new normal, beberapa gunung di Indonesia terlihat kembali membuka jalur pendakiannya bagi para pengunjung. Gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat menjadi salah satu yang jalur pendakiannya dibuka kembali mulai Sabtu, 8 Agustus 2020.

Kegiatan camping dan pendakian hanya diizinkan untuk wisata alam Gunung Ciremai dan hanya untuk dua hari satu malam. Pengumuman tersebut diberitahukan pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang tertulis dalam Surat Nomor" PG 11/T.33/TU/KSA.3/8/2020 melalui unggahan akun Instagram resminya @gunung_ciremai pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Sistem kuota harian pendakian yang diterapkan, seperti jalur Linggarjati tersedia 35 tenda di transit camp (TC) untuk 69 pendaki, sedangkan jalur Linggasana tersedia 33 tenda di TC untuk 65 pendaki, dan jalur Palutungan disediakan 75 tenda untuk 149 pendaki. Para pendaki yang ingin berkunjung juga harus melakukan booking terlebih dahulu melalui laman resmi TNGC di www.tngciremai.com mulai Kamis, 6 Agustus 2020.

Sementara, wisata alam Gunung Ciremai di wilayah Majalengka ditutup kembali mulai 5 Agustus hingga 18 Agustus setelah sebelumnya dibuka pada 27 Juni 2020. Aktivitas tersebut meliputi trekking, penyediaan jasa makan dan minum, kemping, serta pendakian.

Balai TN Gunung Ciremai akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

Berikut Tagar rangkum panduan pendakian Gunung Ciremai

  • Membawa kartu identitas, seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar atau Mahasiswa
  • Membawa surat keterangan bebas Covid-19 bagi warga negara asing dan warga di luar wilayah Kuningan, Majalengka, dan Cirebon
  • Membawa perlengkapan dan logistik berkemah sendiri (tidak menyewa)
  • Mendirikan tenda dengan jarak 10 meter antar tenda
  • Setiap tenda hanya boleh diisi maksimal 2 orang
  • Dilarang berkerumun
  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter antar pendaki
  • Memakai masker saat berbicara dengan pendaki tak dikenal
  • Lepas masker saat mendaki dan turun
  • Menjaga etika batuk dan bersin
  • Rajin cuci tangan dengan sabun cair dan air mengalir atau memakai hand sanitizer
  • Memastikan badan sehat dengan suhu kurang dari 37,5 derajat Celcius, jika sakit segera lapor ke petugas
  • Hindari menggunakan alat yang dipakai bergantian

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Berlibur di Era New Normal Selama Pandemi Corona
Sekian lama berada di rumah, sebagian besar orang berkeinginan untuk berlibur di era new normal. Berikut tips aman berlibur selama era new normal.
Aturan Menginap di Hotel Saat Era New Normal
Memasuki era new normal, sektor pariwisata seperti hotel atau penginapan sudah mulai dibuka kembali.
Kesalahan Pendaki Pemula yang Perlu Dihindari
Sejumlah gunung di Indonesia mulai dibuka kembali bagi wisatawan. Bagi pemula yang ingin mendaki, berikut ini hal yang harus dihindari.
0
Syarat Mendaki Gunung Ciremai Saat New Normal
Gunung Ciremai di wilayah Kuningan dibuka kembali mulai Sabtu, 8 Agustus 2020. Berikut syarat untuk mengunjungi Gunung Ciremai.