UNTUK INDONESIA
Panduan Pendakian Gunung Sindoro Saat New Normal
Memasuki era new normal, Gunung Sindoro mulai membuka jalur pendakiannya via Alang-alang Sewu. Berikut panduan pendakian Gunung Sindoro.
Gunung Sindoro. (Foto: Instagram/@sindorosumbingmountain/poorunway)

Jakarta - Memasuki era new normal, sejumlah gunung mulai kembali membuka jalur pendakiannya bagi para pengunjung. Gunung Sindoro menjadi salah satunya yang membuka jalur pendakian sejak Sabtu, 18 Juli 2020.

Gunung yang berada di daerah Jawa Tengah ini membuka jalur pendakian via Alang-alang Sewu bagi para pengunjung. Hal ini diinformasikan melalui unggahan pengelola jalur pendakian via Alang-alang Sewu di akun Instagram resmi basecamp Pecinta Alam Jelajah Rimba Sandoro (Pajero) @pajero.sindoro.

Keputusan membuka kembali jalur pendakian via Alang-alang Sewu ini didasari hasil rapat pengelola basecamp Pajero yang menindaklanjuti surat rekomendasi Pemerintah Daerah Wonosobo Nomor 556/476 Tanggal 14 Juli 2020. Surat tersebut berisi mengenai pembukaan wisata minat khusus pendakian Gunung Sindoro dalam tahap uji coba di masa tatanan normal baru.

Dalam surat tersebut juga tertulis ketentuan pendaki yang diizinkan untuk berkunjung ke Gunung Sindoro hanya yang berasal dari wilayah atau memiliki KTP dari Jawa Tengah. Selain itu, kapasitas bagi para pendaki juga dibatasi dengan maksimal 250 orang dalam satu hari.

Para pendaki juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang sudah diatur pengelola jalur pendakian. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Dikutip dari akun Instagram @pajero.sindoro, berikut Tagar ulas syarat bagi para pendaki yang ingin menyambangi Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu di era new normal.

  1. Pendaki harus dalam kondisi sehat yang dibuktikan dengan surat sehat dari dokter atau puskesmas.
  2. Menyerahkan kartu identitas setiap orangnya (KTP atau identitas lain).
  3. Wajib membawa masker minimal 2 untuk setiap orang.
  4. Membawa surat pengantar dari wilayah setempat, seperti RW, sekolah, atau kampus mengenai rencana kegiatan pendakian gunung.
  5. Tenda berkapasitas 4 orang hanya boleh diisi 2 orang.
  6. Wajib menjaga jarak sosial dan tidak bergerombol.
  7. Wajib membawa peralatan makan dan minum sendiri.
  8. Jam registrasi buka pukul 07.30 WIB dan tutup pukul 17.30 WIB.
  9. Menerapkan peraturan basecamp yang sudah ditetapkan dan diberlakukan.
  10. Tiket registrasi Rp 25.000.

Baca Juga:

Berita terkait
Protokol Kesehatan Berwisata ke Candi Prambanan
Candi Prambanan dan Ratu Boko kembali dibuka untuk wisatawan sejak 1 Juli 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Berikut penjelasannya.
TN Komodo Terapkan Registrasi Online untuk Wisatawan
Taman Nasional Komodo kembali dibuka memasuki era new normal dengan menerapkan sistem registrasi online dan membership atau keanggotaan.
Alasan Bahama Tolak Pengunjung Asal Amerika Serikat
Bahama di Kepulauan Karibia mulai kembali buka sektor pariwisatanya dengan peraturan menolak pengunjung yang berasal dari Amerika Serikat.
0
Panduan Pendakian Gunung Sindoro Saat New Normal
Memasuki era new normal, Gunung Sindoro mulai membuka jalur pendakiannya via Alang-alang Sewu. Berikut panduan pendakian Gunung Sindoro.