UNTUK INDONESIA
Aturan Menginap di Hotel Saat Era New Normal
Memasuki era new normal, sektor pariwisata seperti hotel atau penginapan sudah mulai dibuka kembali.
Ilustrasi Kamar Hotel. (Foto: Pixabay/ManuelaJaeger)

Jakarta - Memasuki era new normal, sektor pariwisata seperti hotel atau penginapan sudah mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah disesuaikan dengan anjuran pemerintah. Jadi, masyarakat yang ingin menginap di hotel pastikan harus mematuhi segala aturan di sana agar tetap aman dan nyaman. 

Selain itu, sebaiknya memastikan diri dalam keadaan yang sehat dan sudah menjalani rapid test atau swab PCR test guna mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19. Ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang menjadi pandemi sekarang ini, sehingga usai menginap kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, berikut Tagar ulas mengenai beberapa cara aman saat hendak ingin menginap di hotel.

1. Pilih Tujuan Wisata Dengan Bijak

Sebelum bepergian, pastikan objek wisata yang dituju sudah zona hijau Covid-19 dan menentukan terlebih dahulu jadwal kedatangan dan kepulangan. Selain itu, tetaplah waspada meski hotel atau penginapan yang dipilih berada di zona hijau. Sebab, zona tersebut bukanlah pertanda Anda terbebas dari infeksi virus Corona karena tak sedikit orang dari berbagai tempat yang datang ke hotel tersebut.

2. Teliti Memilih Hotel atau Penginapan

Setelah menentukan tempat tujuan, cobalah riset terlebih dahulu beberapa hotel yang ada di wilayah tersebut. Perhatikan juga berbagai protokol kesehatan apa saja yang diterapkan di sana. Bila hotel tersebut telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan meminimalisir segala pelayanan dari sentuhan, barulah Anda bisa memilih penginapan itu layak dan nyaman untuk disinggahi. 

3. Pilih Kamar yang Kosong Selama Beberapa Hari Sebelumnya

Sebaiknya memilih kamar yang sudah dikosongkan selama beberapa hari minimal tiga hari sebelum kedatangan Anda. Selain itu, hindari kamar yang baru ditinggalkan pengunjung sebelumnya atau baru kosong selama satu hari.

4. Cari Tahu Cara Manajemen Hotel Menolong Tamu Sakit

Sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu bagaimana manajemen hotel memberikan pertolongan pada tamu yang kondisinya sedang sakit, seperti apakah hotel bekerja sama dengan layanan kesehatan dan bagaimana pihak pengelola menyikapi tamu yang sebelumnya mengalami sakit. Selain itu, cobalah tanyakan hal tersebut ke pihak pengelola hotel sebelum memutuskan untuk menginap di sana.

5. Pakai Masker dan Jaga Jarak

Sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan, pakailah masker dan menjaga jarak saat berada di luar kamar hotel, seperti lobi, restoran, lift, kolam renang, dan semua ruang terbuka di hotel. Ini bertujuan untuk menjaga kebaikan diri dan orang lainnya.

6. Bersihkan Kamar Sebelum Ditempati

Pengelola hotel tentu sudah membersihkan seluruh bagian dan fasilitas yang berada di dalam kamar terlebih di tengah pandemi sekarang ini. Namun, tak ada salahnya Anda membersihkannya kembali barang yang mungkin sering disentuh, seperti remote tv, saklar lampu, gagang pintu, permukaan meja, dan lainnya. Disarankan Anda tetap membawa hand sanitizer dan tisu, meski sedang menginap di hotel.

7. Tolak Layanan Pembersihan Kamar

Ketika menggunakan kamar hotel, sebaiknya tidak meminta layanan pembersihan kamar. Sebab, cara ini bermanfaat untuk mengurangi orang yang bisa masuk dan mengakses kamar guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

8. Buka Jendela

Selama berada di kamar hotel, jika memungkinkan cobalah buka jendela. Sehingga, sirkulasi udara bisa lebih baik dan sinar matahari bisa masuk.

9. Pesanan Layanan Makan ke Kamar

Selama berada di hotel, sebaiknya pesan makanan dan minta pelayan mengantarkan ke kamar, cara ini lebih baik dibandingkan pergi ke restoran dan meminimalisir bertemu, serta bersinggungan dengan orang lain. Selain itu, mintalah pengantar makanan hanya sampai depan pintu dan ambil saat pelayan pergi terlebih dahulu.

10. Hindari Menggunakan Fasilitas yang Dipakai Bergantian

Selama berada di hotel, sebaiknya Anda menghindari dan menunda rencana untuk berolahraga di gym atau bermanja di spa yang tersedia di sana. Meski petugas sudah membersihkannya, peralatan tersebut besar kemungkinan sudah dipakai banyak orang.

Baca Juga:

Berita terkait
Kembali Buka, Bali Jadi Wisata Terbaik di Dunia
Bali mendapatkan posisi sebagai empat besar destinasi wisata terbaik dunia di bawah London (Inggris), Paris (Prancis), Crete (Yunani).
Syarat Mendaki Gunung Sumbing Selama New Normal
Gunung Sumbing via Garung kembali dibuka mulai Sabtu, 1 Agustus 2020 mendatang. Berikut persyaratan yang harus diterapkan.
Panduan Pendakian Gunung Sindoro Saat New Normal
Memasuki era new normal, Gunung Sindoro mulai membuka jalur pendakiannya via Alang-alang Sewu. Berikut panduan pendakian Gunung Sindoro.
0
Aturan Menginap di Hotel Saat Era New Normal
Memasuki era new normal, sektor pariwisata seperti hotel atau penginapan sudah mulai dibuka kembali.