UNTUK INDONESIA
Surat Terbuka Napi Lapas Siantar ke Jokowi
Napi atau warga binaan di Lapas Klas II A Pematangsiantar menyampaikan surat terbuka kepada Jokowi, ketakutan tentang virus corona.
Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. (foto: Twitter/@jokowi).

Simalungun - Senin 2 Maret 2020 di Istana Kepresidenan, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang warga Indonesia yang positif terjangkit virus corona (Covid-19). Saat ini, penyebaran virus itu kian ganas di Tanah Air.

Tercatat per 23 Maret 2020, dengan penambahan 65 orang, total kasus positif corona menembus angka 579. Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh 30 orang dan ada 49 orang meninggal dunia.

Tak memandang kalangan dan usia, setiap harinya corona memicu rasa khawatir. Termasuk warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A di Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tercatat ada 2.152 warga binaan yang mendekam di sana.

Tak luput dari keramaian dan setiap hari bersentuhan, warga binaan berharap mendapat perhatian dari pemerintah. Sebuah surat terbuka pun dilayangkan kepada Presiden Jokowi. Surat itu ditulis pada Senin, 23 Maret 2020 oleh salah seorang warga binaan bernama Hotlan Purba.

Saya berharap ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, jangan sampai ada diskriminasi

Dalam surat terbukanya, Hotlan memohon kepada presiden dua periode itu membuat sebuah pertimbangan kemanusiaan atas keselamatan jiwa dan nyawa warga binaan lapas dan rumah tahanan (rutan) yang ada di seluruh Indonesia. Terkhusus, mereka yang tinggal ribuan di dalam Lapas Klas II A Pematangsiantar.

Berikut surat terbuka Hotlan kepada Presiden Jokowi:

lapas siantarSurat terbuka Hotlan Purba ke Presiden Jokowi, ditulis dengan tulisan tangan, meminta keadilan tentang penanganan virus corona di lapas dan rutan. (Foto: Tagar/Ist)

SURAT TERBUKA BUAT BAPAK PRESIDEN RI DI ISTANA KENEGARAAN

Salam Dengan Segala Hormat...

Pada hari ini, 23 Maret 2020 izinkanlah kami seluruh warga binaan yang ada di dalam kurungan lapas dan rutan yang jumlahnya ratusan ribu orang di seluruh Indonesia, dengan segala kerendahan hati kami hadir ke hadapan Bapak Presiden RI yang sangat kami hormati dan sangat kami permuliakan dengan melalui surat terbuka ini.

Melihat dengan mengembang dan menyebarluasnya wabah virus corona (Covid-19) yang sangat mematikan dan telah melanda ke berbagai belahan dunia saat ini, kami warga binaan yang saat ini jumlahnya ratusan ribu orang di dalam seluruh lapas dan rutan se-Indonesia sudah merasa sangat resah atas keselamatan hidup kami.

Sebagai warga negara yang dinyatakan bersalah secara hukum atas pelanggaran yang kami perbuat sebelumnya, kami telah menjalani pembinaan sesuai dengan penerapan hukum terhadap diri kami masing-masing dan mematuhi segala aturan dan peraturan yang diterapkan terhadap kami sebagai wujud pertanggungjawaban atas kesalahan dan kekhilafan yang telah kami perbuat.

PematangsiantarSurat terbuka Hotlan Purba, warga binaan Klas 2A Pematangsiantar kepada Presiden Jokowi. (Foto: Tagar/Ist)

Kami juga telah menjalani hukuman kurungan badan atas hak atas kebebasan kami yang telah dicabut sesuai dengan vonis dan penerapan hukuman terhadap diri kami masing-masing.

Akan tetapi sebagai manusia makhluk ciptaan Tuhan dan masih warga negara Indonesia yang sangat kita cintai ini, kami memohon kepada Bapak Presiden RI untuk membuat sebuah pertimbangan kemanusiaan atas keselamatan kami yang jumlahnya saat ini puluhan ribu orang di seluruh lapas dan rutan di Nusantara ini. Sebab apabila wabah virus tersebut sampai ke dalam lapas dan rutan di seluruh Indonesia ini, maka terancamlah keselamatan jiwa dan nyawa puluhan ribu orang dalam hitungan waktu yang sangat singkat.

Di dalam lapas dan rutan seluruh warga binaan pastinya saling bersentuhan satu sama lain setiap saat di karenakan OVER KAPASITAS hunian saat ini.

Maka dengan ini kami sangat mengharapkan pertimbangan kemanusiaan Bapak Presiden RI Bapak Ir Joko Widodo yang sangat kami banggakan dan sangat kami muliakan.

Semoga Bapak Presiden dapat memberikan perhatian yang serius dan pertimbangan atas keselamatan jiwa puluhan ribu orang yang ada di dalam seluruh lapas dan rutan se Indonesia ini.

Bila mana ada kesalahan ucapan dan tutur kata kami dalam penulisan surat ini, kami memohon kata maaf yang sebesar-besarnya ke hadapan Bapak Presiden RI Bapak Ir Joko Widodo yang sangat kami hormati dan kami permuliakan.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua dan melindungi negara yang sangat kita cintai ini dari segala cobaan dan wabah penyakit yang melanda saat ini. Amin...

Salam Hormat kami warga binaan dari dalam lapas dan rutan se Nusantara. Saya yang mengatasnamakan seluruh warga binaan sebagai Nusantara yang ada di Lapas Klas II A Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Salam Hormat saya

Hotlan Purba

Terpisah, Sepri Ijon Saragih selaku Kuasa Hukum Hotlan Purba, berharap aspirasi kliennya itu serta seluruh warga binaan di Lapas Klas II A Pematangsiantar mendapat perhatian dan solusi dari pemerintah.

"Penyebaran virus corona (Covid-19) juga harus diantisipasi hingga ke lapas. Sebab semua warga binaan itu juga manusia yang berhak memperoleh perlakuan yang sama di muka hukum dan pemerintahan. Saya berharap ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, jangan sampai ada diskriminasi. Jika tidak diindahkan oleh pemerintah, kami akan tempuh upaya hukum yang berlaku. Ini demi tegaknya keadilan sosial dan kebaikan bersama," kata Sepri dalam keterangannya. []

Berita terkait
Penyebar Hoaks Jokowi Corona Ditangkap di Sumbar
Seorang pria yang diduga menyebarkan berita bohong terkait Presiden Jokowi positif terpapar corona ditangkap polisi di Payakambuh, Sumatera Barat.
Jokowi Resmikan Penggunaan Wisma Atlet Khusus Corona
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan rumah sakit (RS) darurat penanganan corona (Covid-19) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, siap digunakan.
Corona, Jokowi Sebut Keselamatan Warga Paling Utama
Presiden Jokowi sangat mengedepankan kepentingan rakyat dalam mengatasi penyebaran virus corona Covid-19.
0
Jadwal Lengkap Acara Televisi Jumat 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap acara televisi nasional yang tayang hari ini Jumat, 1 Mei 2020, dari mulai sinetron Ramadan hingga acara gosip.