UNTUK INDONESIA
Jokowi Resmikan Penggunaan Wisma Atlet Khusus Corona
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan rumah sakit (RS) darurat penanganan corona (Covid-19) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, siap digunakan.
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) berjalan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020. (Foto: Antara/Risyal Hidayat)

 Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan rumah sakit (RS) darurat penanganan Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, sudah dapat beroperasional hari ini. 

"Sarana dan prasarana pasien sudah siap, sehingga kita harapkan, nanti sore rumah sakit darurat untuk corona ini sudah bisa dipakai," kata Jokowi di RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 23 Maret 2020.

Artinya rumah sakit yang ada yang kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan virus corona ini.

Baca juga: Jangan Cemas, Wisma Atlet Siap Tampung Pasien Corona

Jokowi berharap penanganan virus corona dapat segera teratasi dengan beroperasinya RS yang dikebut pengerjaannya itu.

"Artinya rumah sakit yang ada yang kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan virus corona ini," ucapnya.

Jokowi meninjau tower 7 RS darurat penanganan COVID-19 bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Jokowi datang mengenakan masker wajah berwarna biru dan juga sarung tangan karet. Dia terlihat berkeliling melihat kesiapan RS yang akan segera digunakan hari ini.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menjelaskan upaya perbaikan Wisma Atlet di Kemayoran akan digunakan sebagai RS darurat penanganan Covid-19 sudah 100 persen siap pakai.

Basuki menyebut perbaikan dilakukan sebagai tindaklanjut dari perintah Presiden Joko Widodo atas permintaan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca juga: Jokowi: Wisma Atlet Kemayoran Siap Jadi RS Corona

"Ada tiga komponen pekerjaan yang dilakukan. Pertama pembersihan ruangan karena sudah lama tidak dipakai, termasuk penyemprotan disinfektan kemarin sore, 100 persen sudah selesai," kata Basuki usai meninjau kesiapan di Wisma Atlet, Minggu, 22 Maret 2020.

Selain itu, turut dilakukan modifikasi perbaikan di lantai 1,2, dan 3. Meskipun tidak banyak, kata dia, tower 7 nantinya akan dimanfaatkan sebagai RS darurat yang dilengkapi dengan ruang laboratorium, farmasi, radiologi, dan ICU.

Rumah sakit darurat di gedung Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Utara hanya dipergunakan untuk pasien virus corona gejala ringan. Bagi orang dengan kasus gejala berat, tetap harus ditangani RS rujukan pemerintah untuk penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan ihwal pasien gejala ringan saja yang hanya bisa dirawat di Wisma Atlet Kemayoran. Menurutnya, upaya itu dilakukan sebagai bagian untuk mencegah RS lain overload menangani pasien corona.

"Pasien yang digeser ke RS bisa hanya dalam kondisi berat," kata Terawan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu, 22 Maret 2020. []

Berita terkait
Wisma Kemayoran Bagi Pasien Corona Gejala Ringan
RS darurat di gedung Wisma Atlet Kemayoran hanya dipergunakan untuk pasien virus corona gejala ringan.
RS Corona Dikebut, Erick 'Intip' Wisma Kemayoran
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan perencanaan rumah sakit darurat khusus virus corona di Wisma Atlet Kemayoran dikebut.
Pekan Depan, Wisma Atlet Bisa Isolasi Pasien Corona
Kementerian BUMN menggandeng Kementerian PUPR memperbaiki fisik dan struktur Wisma Atlet Kemayoran untuk fasilitas pasien corona.
0
Paceklik Legen, Minuman Khas Rembang di Ramadan
Legen, minuman khas Rembang tak bisa dinikmati di Ramadan ini. Kenapa?