UNTUK INDONESIA
Sungai Meluap, Rumah di Lakahang Mamasa Tergenang
Sejumlah rumah di Kabupaten Mamasa Sulawesi barat tergenang akibat meluapnya sungai Lakahang di Kecamatan Tabulahan Mamasa.
Salah satu rumah warga yang tergenang luapan air sungai di Lakahang, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa Sulbar. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamasa - Air sungai Lakahang, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), meluap hingga ke pemukiman warga, sejumlah rumah tergenang serta beberapa hewan ternak milik warga terseret luapan sungai.

Deras sekali hujan disini, sehingga air sungai tiba-tiba saja meluap.

Menurut salah seorang warga, Lukman, 39 tahun, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 21.30 Wita setelah hujan deras mengguyur Lakahang dan sekitarnya sejak kemarin sore.

"Deras sekali hujan disini, sehingga air sungai tiba-tiba saja meluap,"kata Lukman, kepada Tagar, saat dikonfirmasi via gawainya, Senin 7 September 2020.

Dia mengungkapkan bahwa rumahnya sendiri tidak tergenang air, namun sejumlah rumah yang berada di sekitar SMP Pandangan Jaya Lakahang menjadi sasaran luapan air sungai tersebut.

"Saya kurang tahu jumlah rumah yang tergenang, tetapi setahu saya, disana memang rawan banjir,"katanya.

Sementara itu salah seorang warga lainnya, Almayanti mengungkapkan bahwa banjir akibat luapan air sungai Lakahang saat ini merupakan peristiwa yang kedua kalinya terjadi.

"Sebelumnya terjadi tahun 2019 lalu, namun airnya tidak sebesar ini,"kata Almayanti.

Dia juga mengungkapkan, selain luapan air sungai yang menghantui warga Lakahang tadi malam, tanah longsor dibeberapa lokasi di Lakahang juga terjadi. Hingga menutupi akses jalan penghubung antar desa.

"Akibat longsor itu, padi yang sudah panen tertimbun, serta salah satu rumah warga mengalami kerusakan dan nyaris terseret tanah longsor,"katanya.

Diketahui, hingga pukul 00.00 Wita tadi malam, air sungai masih terlihat menggenangi sejumlah rumah warga. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir hingga puluhan juta. []

Berita terkait
14.891 Jiwa Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan
Sebanyak 14.891 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
Puluhan Rumah di Aceh Singkil Terendam Banjir
Puluhan rumah terendam banjir di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.
Hujan Deras Picu Banjir dan Longsor di Agam
Hujan deras memicu banjir dan longsor di sejumlah titik Kabupaten Agam.
0
Kapolda Sulsel Pastikan Aliansi MAKAR Penyusup Demo Omnibus Law
Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam pastikan, demo mahasiswa yang berakhir dengan pembakaran mobil ambulance milik NasDem di Makassar disusupi.