SUDRA: Jokowi Jadi King Maker Pilpres 2024

Kekuatan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi penentu kebijakan atau king maker Pilpres 2024. Relawan Jokowi sangat solid & militan.
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. (Foto: Tagar/Setneg.go.id)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi penentu kebijakan atau king maker dalam pertarungan pemilihan presiden 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Fadhli Harahab dalam keterangannya yang diterima Tagar, Rabu, 16 Juni 2021.

"Jokowi bisa jadi 100 persen king maker di Pemilu 2024 nanti," kata Fadhli.

Ia menilai bahwa relawan Jokowi sangat solid menghadapi pemilu dalam mendukung pasangan calon yang akan didukung Jokowi nanti.

"Alasannya, selain karena memang beliau memang penguasa saat ini, beliau mempunyai pendukung yang sangat setia, baik di kalangan struktur kemudian di barisan relawannya," ujarnya.

Untuk itu, Fadhi menambahkan, kekuatan politik relawan akan mampu menjadi bentuk pressure group bagi Jokowi untuk menentukan arah politik Jokowi.

"Badan politiknya itu apakah itu di jabatan presiden atau wakil presiden ke depan," tutur Fadhli.


Jokowi bisa jadi 100 persen king maker di Pemilu 2024 nanti.


Fadhli menilai hal yang wajar jika beberapa partai politik atau tokoh-tokoh sudah melakukan kampanye atau sosialisasi kepada publik. Hal ini guna meningkatkan elektabilitas di masyarakat.

"Dan ini saya kira biasa-biasa saja meskipun tahap pemilu belum dimulai tapi untuk memperkenalkan siapa, perkenalkan diri sampai hari ini, sampai pemilu mendatang, akan terus terjadi ya dan itu biasa-biasa saja," kata Fadhli. []

Berita terkait
Politisi Golkar: Airlangga Miliki Peluang di Pilpres 2024
Politikus Partai Golkar Azis Samual mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki peluang besar di Pipres 2024 mendatang.
Karakter Politik AHY dan Tantangan Jika Maju Pilpres 2024
Pakar Politik LIPI menilai karakter politik dan tantangan yang akan dihadapi AHY jika mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Indonesia 2024.
Pakar Politik: Karakter Prabowo Jika Lanjut Pilpres 2024
Pakar politik LIPI Wasisto Raharjo menjelaskan karakter politik Prabowo Subianto yang dikatakan kompeten mencalonkan diri sebagai presiden 2024.
0
SUDRA: Jokowi Jadi King Maker Pilpres 2024
Kekuatan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi penentu kebijakan atau king maker Pilpres 2024. Relawan Jokowi sangat solid & militan.