Karakter Politik AHY dan Tantangan Jika Maju Pilpres 2024

Pakar Politik LIPI menilai karakter politik dan tantangan yang akan dihadapi AHY jika mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Indonesia 2024.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono. (Foto: Tagar/Instagram/ agusharimurtiyudhoyono)

Jakarta- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) putra sulung mantan Presiden Indonesia, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang digadang-gadang akan maju pada pemilihan presiden 2024.

Pakar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo menjelaskan karakter politik AHY berdasarkan tanggal kelahirannya. 

Wasisto mengatakan AHY lahir pada tanggal 10 Agustus 1978, memiliki karakter seseorang yang penuh perhitungan. Hal ini berarti sikap AHY dalam mengambil keputusan selalu memiliki kalkulasi atau perhitungan, dan cenderung selalu membaca situasi terlebih dahulu.

“Saya pikir AHY ini merupakan pribadi yang lebih condong pada intelektual dibandingkan menjadi politisi," ujar Wasisto saat diwawancarai Rabu, 9 Juni 2021, yang dilihat Minggu, 13 Juni 2021.

Wasisto mengatakan bahwa AHY sebelumnya banyak meraih prestasi akademis yang mengagumkan, sehingga banyak orang yang menyayangkan AHY terjun kedunia politik. 


Saya pikir AHY ini merupakan pribadi yang lebih condong pada intelektual dibandingkan menjadi politisi.


Publik sebelumnya mengenal AHY, lanjut Wasisto, sebagai seorang tentara yang banyak meraih prestasi yang membanggakan negara, salah satunya adalah AHY pernah ditugaskan ke Lebanon untuk menengahi perang 34 hari antara Israel dan Hebollah. AHY juga pemegang Adhimakayasa, yang dikenal sebagai penghargaan taruna handal dalam strategis dan taktis.

 “Jika dilihat dari latar belakang prestasi AHY selama di tentara, beliau bukanlah sosok yang sembarangan," ujar Wasisto.

Dalam pandangan Wasisto, saat ini AHY menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang kemungkinan besar hal ini dapat menjadi peluang besar bagi dirinya untuk mengikuti Pilpres 2024. 

“Namun seperti yang kita ketahui partai demokrat saat ini masih menjadi partai menengah, yang belum banyak dilirik oleh partaipartai besar yang lain," ucpanya.

Ia juga mengatakan jika dilihat pada masa pemilihan Gubernur DKI, AHY pernah mengikuti pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Namun, dirinya kalah. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan tersendiri bagi partai politik lain untuk bisa meyakinkan dukungan pada AHY jika maju Pilpres 2024. 

“Biasanya orang yang ingin maju atau mendapatkan tiket dalam nominasi, ialah yang memiliki karir politik yang bagus ntah pernah mendapat suara terbanyak, atau pernah terpilih pada pemilihan tertentu," kata Wasisto.

Tantangan terbesar AHY, kata Wasisto, jika ia maju dalam Pilpres 2024 adalah bagaimana ia mampu dalam meyakinkan partai-partai lain untuk mendukungnya maju sebagai nominasi. 

“Hal ini menjadi PR besar bagi AHY untuk dapat suara dari partai-partai lain jika melihat dari pengalaman pemilu beliau sebelumnya," ucapnya. []

Berita terkait
Rahmad: Kubu AHY Tak Perlu Lakukan Propaganda Mubazir
Juru Bicara Partai Demokrat KLB Muhammad Rahmad menyampaikan hasil survei yang menyatakan partai Demokrat di urutan ketiga adalah propaganda.
Ridwan Kamil Doakan AHY Saat Demokrat Hendak Dikudeta
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku selalu mendoakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) apalagi saat Partai Demokrat hendak dikudeta.
AHY Tiga Besar Capres, Demokrat: AHY Harapan Baru Rakyat
Nama Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berada di urutan ketiga sebagai calon presiden 2024 dalam survei terbaru Akar Rumput Strategic Consulting.
0
Ahmad Muzani Minta Pemerintah Pertimbangkan Polemik Pajak
Fraksi Partai Gerindra di DPR Ahmad Muzani meminta pemerintah untuk mempertimbangkan dan berpikir ulang terkait PPN sembako dan pendidikan.