UNTUK INDONESIA
Suasana UNS Surakarta Gelar Wisuda Setelah Berstatus PTN BH
UNS perdana dalam secara menggelar wisuda setelah kampus berstatus PTN badan hukum. Sebanya 1.474 mahasiswa diwisuda secara daring.
Prosesi wisuda UNS periode kelima tahun 2020 yang disiarkan secara live streaming pada Sabtu 24 Oktober 2020. Foto: Tagar/Dokumentasi Humas UNS)

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencatat sejarah penting pada Sabtu 24 Oktober 2020. Sejarah terukir setelah Rektor UNS, Jamal Wiwoho mewisuda sebanyak 1.474 mahasiswa secara daring untuk kali pertama setelah berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum (BH).

UNS meraih status sebagai PTN BH pada awal Oktober 2020. UNS secara resmi menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum menyusul telah ditandatanganinya Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Baca Juga:

Prosesi wisuda periode kelima tahun 2020 disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube UNS. Prosesi ini dihadiri oleh wisudawan secara virtual. Tercatat ada sebanyak 862 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada 1.474 wisudawan yang telah berhasil mengakhiri perjuangan panjangnya di bangku kuliah. Dan prosesi ini adalah menjadi yang pertama bagi UNS dengan status sebagai PTN BH berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 tahun 2020,” kata Rektor UNS, Jamal Wiwoho, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Tak lupa dia juga berpesan kepada para wisudawan dengan mengutip kata dari Malcolm X bahwa pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini.

Saya ucapkan selamat dan sukses kepada 1.474 wisudawan yang telah berhasil mengakhiri perjuangan panjangnya di bangku kuliah.

Jamal juga menekankan pada wisudawan untuk memanfaatkan ilmu yang telah dipelajari dengan menyesuaikan keadaan saat ini. “Rasanya sudah tidak relevan lagi jika di era perubahan seperti saat ini, kita masih melakukan kebiasaan dan cara pandang kemarin untuk solusi hari ini,” imbuhnya.

Pada prosesi wisuda secara daring itu, hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Dia juga menyampaikan orasi wisuda.

Baca Juga:

Muhajir Effendi menyampaikan terkait perubahan yang terjadi di masa pandemi. Tak lupa dia mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, lulusan tercepat program doktor Ilmu Hukum, Edi Sukmono menjadi perwakilan wisudawan untuk memberikan sambutan. Dia mengungkapkan kebanggaannya menjadi bagian dari keluarga besar UNS. Edi juga berkomitmen untuk menggaungkan nama universitas tidak saja ditingkat nasional tetapi juga internasional. []

Berita terkait
Kisah Musawir, Wisuda Sambil Rawat Ibunya yang Sakit
Musawir Da’i mahasiwa jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar wisuda di samping ibundanya yang sedang sakit.
Aksi Nyeleneh Dua Wisudawan ISI Yogyakarta Bikin Ngakak
Dua mahasiswa ISI Yogyakarta yang nyeleneh saat wisuda bikin ngakak. Aksinya yang diunggah lewat platform TikTok ini pun viral.
Mahasiswa di Tegal Ikut Wisuda Online Sambil Memancing Ikan
Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal ikuti wisuda online kampusnya sembari memancing ikan.
0
Suasana UNS Surakarta Gelar Wisuda Setelah Berstatus PTN BH
UNS perdana dalam secara menggelar wisuda setelah kampus berstatus PTN badan hukum. Sebanya 1.474 mahasiswa diwisuda secara daring.