UNTUK INDONESIA
Mahasiswa di Tegal Ikut Wisuda Online Sambil Memancing Ikan
Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal ikuti wisuda online kampusnya sembari memancing ikan.
Istiqlal Fauzan Hidayat‎, mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal mengikuti prosesi wisuda online disela kegiatan memancing ikan, Rabu, 14 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok Pribadi)

Tegal - Seorang mahasiswa di Tegal, Jawa Tengah, memadukan kegiatan kampus dan hobi dalam waktu yang bersamaan. Ia ikut wisuda online sambil memancing ikan. Alhasil, fotonya yang berbusana wisudawan sembari memegang joran jadi viral.  

Pandemi Covid-19 berdampak pada kegiatan wisuda yang digelar perguruan tinggi di sejumlah daerah. Acara kelulusan mahasiswa itu mesti digelar secara virtual untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tak terkecuali Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal saat menggelar wisuda Program Sarjana Terapan dan Ahli Madya Tahun 2020, Rabu 14 Oktober 2020.

Dari 1.300 wisudawan, hanya 28 orang saja yang dihadirkan secara langsung di kampus. Mereka adalah wisudawan yang meraih prestasi. Sementara sisanya mengikuti wisuda secara online.

Waktu itu saya sedang mancing di muara Sigempol, Brebes.

Di antara ribuan wisudawan itu, salah satu peserta wisuda menarik perhatian dunia maya. Pasalnya, wisudawan bernama Istiqlal Fauzan Hidayat itu‎ mengikuti wisuda sembari memancing.

Foto Fauzan sedang diwisuda sambil memancing itu sempat beredar di media sosial dan sejumlah grup WhatsApp. Dalam foto itu terlihat Fauzan sedang duduk menghadap layar handphone yang disangga menggunakan tripod.

Mengenakkan jubah dan toga, Fauzan tampak serius mengikuti prosesi wisuda sembari memegang alat pancing. Dari pemandangan di sekitarnya, dia terlihat sedang berada di sebuah sungai.

Saat dihubungi Tagar, ‎Fauzan membenarkan foto yang beredar tersebut merupakan foto dirinya saat mengikuti wisuda di Politeknik Harapan Bersama, Rabu 14 Oktober 2020.

"Waktu itu saya sedang mancing di muara Sigempol, Brebes," kata pemuda 24 tahun itu.

Fauzan mengaku awalnya diajak oleh sejumlah saudaranya untuk memancing tepat di hari wisuda digelar. Lantaran wisuda digelar secara online, warga Desa Balamoa, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal itu mengiyakan ajakan tersebut.

"Akhirnya ya sudah saya mengikuti wisuda di atas ranggon (gubuk untuk memancing di atas muara) sambil mancing. Kebetulan memang saya sedang senang mancing. Seminggu bisa tiga kali," ujarnya tersenyum.

 Baca juga: 

Menurut‎ Fauzan, dia bersama saudara-saudaranya berangkat dari rumah sekitar pukul 06.00 WIB. Adapun acara wisuda berlangsung dari pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

"Saya tidak menyangka kalau foto saya lumayan viral," ujar wisudawan yang lulus dari D3 Teknik Komputer itu.

Sementara‎ itu, Direktur Politeknik Harapan Bersama, Nizar Suhendra mengatakan, sebanyak 1.058 dari 1.300 wisudawan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih dari 3.00.

"Saya sangat mengapresiasi para mahasiswa yang mana selama pandemi berlangsung tetap terus semangat mengikuti dan menyelesaikan studinya," ujarnya dalam keterangan tertulisnya. []

Berita terkait
Asyik, Bisa Berselancar dan Mancing di Ruas Jalan Kota Medan
Seorang pemuda terlihat sedang asyik berselancar, dan dua pemuda lainnya tengah asyik memancing di atas genangan air di jalan raya Kota Medan.
Danang, Pemancing Tegal yang Tidak Takut Setan
Seorang warga Tegal menghayati benar hobi memancingnya. Kerap memancing selama sebulan tapi tak pernah diganggu setan. Seperti apa ceritanya?
Berawal Hobi Memancing, Dosen Undip Raih Gelar Doktor
Dari hobi memancing dosen Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip)Nuswantoro Dwiwarno berhasil meraih gelar doktor.
0
How You Like That Blackpink Ditonton 600 Juta Kali di YouTube
Video musik How You Like That yang dibawakan girlband K-Pop, Blackpink telah ditonton 600 juta kali di kanal YouTube.