Strategi Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Bagi kaum milenial atau generasi Z pastinya sangat menginginkan kebebasan finansial. Namun haruslah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Financial Freedom (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Financial freedom kebebasan finansial dapat diartika jika seseorang mempuntai cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk mencukupi gaya hidup yang diinginkan untuk jangka waktu yang lama.

Bagi kaum milenial atau generasi Z pastinya sangat menginginkan kebebasan finansial. Namun haruslah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar semua itu tercapai. Terlebih terdapat berbagai tekanan kebutuhan yang kian meningkat dan jika dibiarkan maka akan sulit mencapai financial freedom.

Berikut adalah tips dalam mencapai financial freedom di usia muda.


1. Atur Cash Flow yang Sehat

Mengatur cash flow adalah kunci utama dalam finansial. Jika kamu tidak mengatur cash flow mu, mau gaji sebesar apapun pasti akan terasa sedikit karena tidak membatasi segala hal. Kamu harus mengetahui pendpatan per bulan dan pertahun, pengeluaran secara detail, dan pengeluaran yang harus dipangkas. Oleh sebab itu perlulah mengetahui perbedaan antara keinginan dan kebutuhan.


2. Cari Pendapatan Lain

Di era serba digital ini, mencari penghasilan tambahan terbilang mudah. Passive income bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada dan dibutuhkan sekarang ini. Seperti kamu bisa menjadi copywriting, fotografer, jualan online, membuka kelas video online, dropship, freelance, dan lain sebagainya. . Ciptakan sumber keuangan lain, selain gaji pokok, yang bisa kamu pakai untuk akumulasi aset.


3. Lunasi Utang

Berutang sebenarnya tidak salah, terlebih jika dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Namun jika kamu berutan hanya untuk suatu yang kamu inginkan dan tidak terlalu penting, hal itulah yang salah. Utang meruapakan kewajiban yang harus kamu bayarkan. Oleh sebab itu, jika ingin mencapai ketenangan, lunasilah utangmu terlebih dahulu.


4. Menabung dan Berinvestasi

Berbicara seputar menabung dan berinvestasi memanglah tiada habisnya. Hal ini karena kamu bisa mendapatkan passive income dengan menabung dan berinvestasi. Oleh sebab itu pentingnya menabung dan berinvestasi sedini mungkin. Setidaknya dengan tabungan dan investasi, kamu mempunyai penghasilan lain untuk menambah dana yang nantinya akan bermanfaat dikemudian hari.


5. Miliki Aset Produktif

Maksud dari aset produktif adalah segala sesuatu aset yang dapat menghasilkan pendapatan. Kamu dapat membeli properti seperti kontrakan atau apartemen yang nantinya bisa disewakan untuk orang lain. 

Dengan mempunyai aset itu, setidaknya kamu bisa menggunakan penghasilanmu dari aset ini untuk kebutuhan pokok, dan gaji utama untuk hal lain seperti membeli tambahan aset.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
ShopeePay & Bibit Bantu Milenial Wujudkan Kebebasan Finansial
ntuk mendukung minat investasi dari berbagai kalangan, ShopeePay selaku layanan pembayaran digital berkolaborasi dengan Bibit untuk merujudkannya.
Dear Milenial, Ini Lho 5 kelebihan Investasi Jangka Panjang
Salah satu manfaat investasi jangka panjang yang bisa dinikmati oleh pelakunya adalah masa tua yang lebih terjamin dan nyaman.
Bank BUMN Tawarkan Solusi bagi Milenial untuk Punya Rumah
Fitur ini menjawab kebutuhan para milenial dalam membeli hunian dan keringanan dalam membayar angsuran sesuai dengan perencanaan finansial mereka.
0
Strategi Mencapai Financial Freedom di Usia Muda
Bagi kaum milenial atau generasi Z pastinya sangat menginginkan kebebasan finansial. Namun haruslah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.