UNTUK INDONESIA
Stok Kosong, BPBK Abdya Aceh Butuh 10 Ribu Masker
Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya kekosongan stok masker saat ini.
Karyawan di sebuah pabrik di Taizhou, provinsi Jiangsu, bekerja sepanjang waktu untuk memproduksi masker untuk mengisi persediaan dalam perang melawan virus corona baru.(Foto: china daily|thestar.com).

Aceh Barat Daya - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh kehabisan stok masker di awal tahun 2020, sehingga, pihaknya mulai khawatir akan kesiapan penanggulangan jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran dan langkah antisipasi pasca isu virus corona.

"Habis stok masker penutup hidung dan mulut," kata Amiruddin, kepala BPBK Aceh Barat Daya kepada Tagar, Kamis, 5 Maret 2020 di Aceh.

Untuk stok kesiapan antisipasi pihaknya selain mengajukan permintaan masker, juga meminta sarung tangan kepada Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Aceh (BPBA) sebanyak 10 ribu lembar masker dan 3 ribu sarung tangan plastik.

Jadi bahan-bahan ini menjadi stok kami, akan kami bagikan untuk massa, jika terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) termasuk untuk antisipasi wabah virus corona.

"Jadi bahan-bahan ini menjadi stok kami, akan kami bagikan untuk massa, jika terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) termasuk untuk antisipasi wabah virus corona," ujar Amir.

Amir berujar, masker dan sarung tangan merupakan dua bahan yang kosong stok saat ini, sementara untuk sembako darurat masih cukup. Sembako yang dimaksudnya berupa, beras, indomie (mie instan), telur ayam, minyak goreng dan gula pasir.

"Kita punya stok beras sekitar 3,5 ton dan telur ayam sekitar 10 ribu butir,” sebut Amir.

BPBK AbdyaKepala Badan Penaggulanggan Pencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, Amiruddin. (Foto: Tagar/Syamsurizal).

Selain itu, BPBK Abdya juga masih memiliki ketersediaan kain sarung, perlengkapan anak-anak sekolah dan selimut, bahan-bahan ini memang baru dikirim. "Yang lain masih ada stok," sebut Amir.

Baca juga: 

Amir menambahkan, BPBK Abdya terus melakukan perawatan menyeluruh terhadap sebanyak enam unit Damkar. Damkar di siagakan dalam keadaan siap pakai selalu bila sewaktu-waktu terjadi Karhutla. Amir mengaku untuk hal ini mereka tidak mau ambil resiko.

"Kami selalu siap siaga melakukan penanggulangan jika sewaktu-waktu terjadi bencana, maka dari itu, stok kebutuhan harus juga kami siapkan," sebutnya.

Di Abdya, sambungnya, Enam unit Damkar siaga di Kecamatan Manggeng dan Kuala Batee dengan jumlah satu unit. Empat unit lainnya, disiagakan di ibu kota kabupaten. "Empat Damkar kita siagakan di pusat kota," katanya. []

Berita terkait
Stok Masker di Puskesmas Abdya Aceh Cukup Tiga Bulan
Dinkes Abdya Aceh memastikan stok masker untuk seluruh Puskesmas aman hingga bulan Mei 2020 mendatang.
Jalur Laut, 50 Ton Bawang Ilegal Ditemukan di Aceh
50 ton bawang merah ilegal yang diseludup melalui jalur laut di Aceh.
Aceh Belum Miliki Laboratorium Cek Pasien Corona
Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia belum memiliki laboratorium untuk mengecek langsung bagi pasien yang mengidap virus corona.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya