UNTUK INDONESIA
Stadion Direnovasi Demi Persik Tetap di Kediri
Persik tak ingin terusir dari Kediri saat mengarungi Liga 1 2020 sehingga renovasi Stadion Brawijaya. Stadion itu dipakai Persik di Liga 1.
Persik tak ingin terusir dari Kediri saat mengarungi Liga 1 2020 sehingga melakukan renovasi Stadion Brawijaya. Stadion itu akan dipakai Persik di kompetisi Liga 1 2020. Tampak petugas memasang jaring di mistar gawang yang baru. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Persik Kediri tak ingin terusir dan terpaksa nomaden saat mengarungi Liga 1 2020 hanya karena Stadion Brawijaya yang menjadi home ground tim tidak memenuhi persyaratan. Renovasi pun dilakukan agar Persik tetap bisa bermain di Kediri di laga kandang. Bahkan mistar gawang pun sampai diganti agar sesuai standar. 

Fasilitas dan kelengkapan pertandingan di stadion memang harus memenuhi persyaratan saat klub Liga 1 berlaga di kompetisi. Padahal verifikasi yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator liga tidak terlalu ketat. 

Terbukti, PSM Makassar masih bisa menggunakan Stadion Andi Mattalatta, Makassar, untuk melakoni laga kandang di Liga 1. Namun mereka tidak bisa memakai stadion itu saat bermain di Piala AFC. Pasalnya, stadion itu tak memenuhi standar seperti disyaratkan AFC. 

Untuk mistar gawang sudah terpasang. Mistar gawang yang dibeli memang sesuai standar FIFA. Perbaikan lampu dan dua tiangnya juga dilakukan

Bahkan persyaratan untuk tim Liga 2 pun tidak terlalu berat sehingga stadion tetap bisa digunakan. Namun saat naik kasta, tidak ada pilihan selain melakukan renovasi seperti yang dilakukan Persik. 

Renovasi Stadion Brawijaya yang akan menjadi home ground Persik, termasuk di antaranya mendatangkan dua mistar gawang buatan Malaysia. Manajemen Persik harus merogoh kocek Rp 137 juta untuk membeli mistar tersebut. 

Perbaikan juga dilakukan pada lampu stadion. Hanya renovasi pada dua tiang itu diperkirakan baru selesai pada 23 Februari 2020 atau beberapa hari sebelum kompetisi digulirkan.  

"Untuk mistar gawang sudah terpasang. Mistar gawang yang dibeli memang sesuai standar FIFA. Perbaikan lampu dan dua tiangnya juga dilakukan," kata Sekretaris Umum Persik Arief Priyo. 

Kelengkapan lain seperti papan skor digital. Manajemen masih memilih tiga vendor yang sudah mengajukan penawaran untuk pemasangan papan skor digital di stadion. 

Hanya, pengerjaannya diperkirakan masih berlangsung saat kompetisi sudah bergulir pada 29 Februari 2020. Namun papan skor itu dipastikan sudah terpasang saat saat Persik pertama kali bermain di laga kandang. 

Persik tanggung Jawab Pembenahan Stadion

Persik bertanggung jawab pembenahan stadion karena sudah resmi menyewa selama satu tahun. Dengan menyewa, manajemen memiliki hak mengelola stadion dengan baik dan turut memberi pemasukan daerah Kota Kediri. Namun Wakil Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar memastikan bila renovasi tersebut juga tetap merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah kota dan Persik 

"Saya jelaskan sekali lagi jika Persik sudah 100 persen profesional. Untuk penggunaan stadion, klub pun menyewa selama satu tahun. Sebagai penyewa, Persik berhak mengelola stadion itu. Namun pemerintah tetap memiliki kewenangan meski berkoordinasi dengan manajemen klub," ujar wali kota.

"Melalui penyewaan ini, stadion sepak bola benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Perbaikan pun dilakukan secara bersama. Contohnya perbaikan lampu stadion ini," katanya. 

Setelah kembali ke Liga 1, wali kota berharap Persik bisa menjadi tuan rumah yang baik saat bermain di Kediri. Tim berjuluk Macan Putih ini diharapkan bisa kembali mengangkat pamor Kediri. 

Persik yang pernah menjadi klub elite Liga Indonesia harus merangkak dari bawah setelah tak lagi berkompetisi di kasta tertinggi. Mereka bermain di Liga 3 dan kemudian menjadi juara sehingga promosi ke Liga 2. 

Sukses berlanjut di Liga 2 dengan menjadi juara di musim 2019. Mereka pun promosi ke Liga 1. []

Berita terkait
Absen di Piala Gubernur, Bagas Fokus di Persik
Striker Persik Septian Satria Bagaskara absen di Piala Gubernur Jatim 2020. Namun dia sudah kembali berlatih bersama tim untuk persiapan Liga 1.
Persebaya Taklukkan Persik Kediri di Piala Gubernur
Persebaya Surabaya menaklukkan Persik Kediri 3-1 di pertandingan pembuka Piala Gubernur Jatim. Di laga itu, Persebaya tampil dengan pemain muda.
Usai Kontrak Bakmaz, Persik Langsung Lawan Persebaya
Persik Kediri resmi mengontrak bek Ante Bakmaz. Usai merekrut pemain asal Australia ini, Persik langsung ke Surabaya mengikuti Piala Gubernur.
0
RSUD Bantul Isolasi Dua Pasien Gejala Corona
RSUD Panembangan Senopati Bantul Yogyakarta mengisolasi dua pasien dengan gejala Covid-19.