UNTUK INDONESIA

Sriwijaya Air dan Capung Jatuh Ramalan Mbah Bejo Semarang

Mbah Bejo, tokoh spritual Semarang jauh hari sudah menyebut bakal ada pesawat jatuh di 2021. Ia mengistilahkan pesawat dengan sebutan capung.
Tokoh spiritual Semarang, Mbah Bejo sudah meramalkan akan ada pesawat jatuh di 2021. Ia mengistilahkan pesawat dengan sebutan capung. Dan Sriwijaya Air jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021. (Foto: Tagar/Agus Joko Mulyono)

Semarang - Kecelakaan udara yang menimpa Sriwijaya Air rute Jakarta - Pontianak ternyata jauh hari sudah dilihat mata batin Mbah Bejo. Tokoh spiritual Semarang, Jawa Tengah ini meramalkan di tahun 2021 akan ada capung (pesawat) yang jatuh.

Hasil penerawangan pria bernama asli Nuryanto ini diunggah dalam channel YouTube Mbah Bedjo Lawang Sewu pada 30 November 2020. Ia menyebut sejumlah peristiwa besar bakal mewarnai Tanah Air pada 2021. 

Menurutnya, bangsa Indonesia masih akan dilingkupi wabah penyakit yang disebutnya dengan istilah pagebluk. Meski diramal wabah akan menurun dan selesai, tapi Mbah Bejo mengisyaratkan akan membawa korban lebih banyak. Tokok politik hingga selebriti yang tengah naik daun juga diramalkannya meninggal dunia. 

"Berhati-hatilah yang sedang populer, dan ini akan kita saksikan, semoga tidak terjadi apa-apa. Tapi itu tidak mungkin karena itu sudah jongkoboyo, sudah ginaris (takdir), dari leluhur, maka ayok berhati-hati. Dan sekali lagi, ada tokoh budaya, seniman, selebriti yang puncak karir akan hilang dan akan meninggal," bebernya di video YouTube-nya.  

Di tahun 2021 juga ada bencana, di udara juga ada bencana, yang saya lihat capung kalau udara.

Pria yang melambung namanya lewat program Mister Tukul Jalan-jalan ini juga memprediksi kecelakaan di laut dan udara akan terjadi di 2021. Termasuk bencana alam di darat. 

"Di tahun 2021 juga ada bencana, di udara juga ada bencana, yang saya lihat capung kalau udara. Kalau di laut ada kapal benturan dan tenggelam membawa korban banyak di 2021. Untuk di darat, karena faktor alam, itu akan terjadi banyak sekali musibah," papar dia. 

Terkait dengan bencana di udara, di waktu yang beda, Mbah Bejo kembali mengisyaratkan akan terjadinya musibah tersebut. Hal itu disampaikannya saat menggelar ritual tolak bala Pilkada Kota Semarang 2020 di Bendungan Pleret Banjir Kanal Timur, awal Desember. 

Di hadapan para awak media yang meliput kegiatannya, saat itu Mbah Bejo spesifik menyebut pesawat, yang diistilahkannya dengan capung, akan jatuh.   

"Waktu saya cerita di hadapan awak media terkait pesawat jatuh saya masih ingat ada capung jatuh berwarna biru yang akan terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2021 dan itu terjadi," ujar dia saat ditemui wartawan di kediamannya di Pedurungan, Minggu, 10 Januari 2021.

Baca juga: 

Mbah Bejo kemudian mewanti atas semua penampakan gaib yang dilihatnya, bangsa Indonesia bisa lebih bisa waspada dan berhati-hati dalam menyikapi perkembangan alam. Masyarakat juga dimintanya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ-182 mengalami nahas ketika melakukan penerbangan dari Jakarta menuju Pontianak, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat yang membawa 62 penumpang dan kru ini jatuh di perairan Kepulauan Seribu, di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki.  [] 

Berita terkait
Ucapan Selamat Tinggal YouTuber Korban Sriwijaya Air
Faisal Rahman, adalah seorang YouTuber yang disebut menjadi korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Berikut postingan terakhirnya.
Keluarga Tak Tahu Diego Jadi Co Pilot Sriwijaya Air
Co Pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Diego Enrile Mamahit seharusnya tidak berada di penerbangan tersebut. Begini kisah selengkapnya.
Pesan Bermakna dari Foto Profil Kapten Pilot Sriwijaya Air
Kapten Afwan, merupakan pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang mengalami kecelakaan. Berikut pesannya yang bermakna dan dikenang kawan-kawannya.
0
Telkomsel Dukung Komunikasi Tim Evakuasi Sriwijaya Air SJ182
Telkomsel memastikan kelancaran komunikasi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat proses evakuasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.