Sri Mulyani: Indonesia Berkomitmen Atasi Perubahan Iklim

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, Indonesia berkomitmen mengatasi perubahan iklim dengan mengalokasikan 3,9% dana APBN pertahun.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto:Tagar/Iconomic)

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen mengatasi perubahan iklim. Buktinya, pemerintah telah mengalokasikan 3,9% dari total dana APBN per tahun dalam rangka Climate Budget Tagging yang dilakukan sejak 2016 hingga kini.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini melanjutkan, bahwa Climate Budget Tagging tersebut telah digunakan sebagai underlying asset untuk penerbitan Green Sukuk sebesar total US$ 2,9 miliar sejak 2018 hingga 2020 yang digunakan untuk membiayai proyek-proyek ramah lingkungan.

Selain itu, Indonesia juga membentuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup untuk mengelola dana REDD+ sebesar 103,78 juta dolar AS dari Green Climate Fund.

Wanita yang akrab di sapa Ani ini menambahkan, Indonesia juga turut mempertimbangkan kebijakan "carbon pricing" dalam mengurangi gas rumah kaca sekaligus meningkatkan investasi berwawasan lingkungan.

Menurut Ani, untuk itu saat ini pihaknya sedang mengembangkan Climate Change Fiscal Framework yang nantinya akan menetapkan strategi dan kerangka kebijakan fiskal dalam mencapai target pengurangan emisi dan ketahanan dari perubahan iklim secara global. []

Berita terkait
Sri Mulyani: Untuk Jadi Negara Maju Perlu SDM Berkualitas
Menkeu Sri Mulyani menyampaikan, untuk menjadi negara maju, suatu negara harus memiliki birokrasi yang efisien, akuntabel dan professional.
Sri Mulyani: Masih Banyak Masyarakat Tempati Rumah Kumuh
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, masyarakat Indonesia masih banyak menempati rumah kumuh ketimbang yang layak.
Sri Mulyani: Uang Negara Bukan Uang Nenek Moyang Kita
Menkeu Sri Mulyani mengingatkan kepada seluruh lulusan PKN STAN untuk menjaga integritas dan tidak mudah tergoda uang sogokan.
0
Kemendag Teken Kerja Sama Pemberdayaan UMKM dengan Accor, BNI, dan Pemprov DKI
Kemendag kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan UMKM dengan grup perhotelan Accor, BNI & Pemprov DKI.