Sosok Tommy Soeharto yang Menangkan Gugatan Partai Berkarya

Politikus Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, kembali dinyatakan menang melawan Menteri Hukum dan HAM. Berikut profilnya.
Tommy Soeharto. (Foto: Tagar/Azzahrah)

Jakarta - Politikus Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, kembali dinyatakan menang melawan Menteri Hukum dan HAM terkait kepengurusan Partai Berkarya pada tingkat banding.

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) menguatkan putusan sebelumnya, yaitu mencabut SK Kemenkumham soal kepengurusan Berkarya di bawah Ketua Umum Muchdi PR.

Sebelumnya, konflik ini diawali saat acara Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub pada Juli 2020, yang saat itu Tommy dinyatakan tidak lagi menjabat Ketua Umum Partai Berkarya.

Akhirnya yang terpilih sebagai ketua umum baru adalah Muchdi PR, dan Badaruddin Andi sebagai Sekjen. Mereka pun mendaftarkan kepengurusannya ke Kemenkumham untuk mendapatkan legalitas. Namun Tommy yang merasa gak terima dengan keputusan itu, kemudian mengajukan gugatan ke PTUN Jakarta. Dan hasilnya adalah gugatan kubu Tommy dikabulkan oleh pengadilan.

Tommy Soeharto lahir di Jakarta, pada 15 Juli 1962, dengan nama lengkap Hutomo Mandala Putra. la adalah anak kelima dari enam bersaudara, dari pasangan Soeharto dan Siti Hartinah. Ayahnya adalah seorang perwira tinggi Angkatan Darat, yang kemudian menjadi Presiden RI ke-2 selama 32 tahun.

Tommy Soeharto tercatat pernah masuk ke Akademi Penerbangan Sipil. Setelah itu, Ia melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di salah satu universitas di Amerika Serikat. Namun, Ia kembali ke Indonesia sebelum menyelesaikan pendidikannya tersebut.

Tommy juga sempat mendirikan bisnis lainnya seperti Marga Mandala Sakti (MMS) dan Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkih (BPPC). Ia juga tercatat pernah membeli saham sebuah pabrik yang bergerak di bidang petrokimia. 

Kegemarannya dengan dunia otomotif juga membuat Tommy di tahun 1994 membeli perusahaan Lamborghini namun dijual kembali di tahun 1998.

Tommy juga pernah mengerjakan proyek bisnis Mangkuluhur City dan proyek pembangunan resor miliknya di Bali yang tidak selesai akibat krisis ekonomi di tahun 1998. 

Beralih ke bidang politik, Tommy mulai dikenalkan dengan partai politik sejak tahun 1988 setelah diangkat menjadi anggota MPR bersama dua orang saudaranya. 

Tommy berkarir di partai Golkar selama hampir 30 tahun. Barulah di tahun 2016 Tommy mendirikan Partai Berkarya yang merupakan gabungan dari Partai Beringin Karya dan Partai Nasional Republik.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
Yasonna Siap Hadapi Gugatan Tommy Soeharto Soal SK Berkarya
Yasonna Laoly mengaku siap menghadapi gugatan Tommy Soeharto terkait perselisihan SK Partao Berkarya yang diberikan kepada MUchdi Pr.
Digusur Muchdi Pr, Tommy Soeharto Bakal Main Pidana
Ketua Umum DPP Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto tak sudi digeser Muchdi Pr. Dia akan gugat secara perdata dan pidana.
Tommy Soeharto Tak Sudi Akui Muchdi Pr Ketum Berkarya
Ketua Umum DPP Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto tidak mengakui Munaslub yang menyatakan Muchdi Pr ketum partai tersebut.
0
Sosok Tommy Soeharto yang Menangkan Gugatan Partai Berkarya
Politikus Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, kembali dinyatakan menang melawan Menteri Hukum dan HAM. Berikut profilnya.