UNTUK INDONESIA
Sofyan Djalil Pastikan Ibu Kota di Kalimantan Timur
Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil pastikan ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil. (Foto: Instagram/@sofyan.djalil)

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil memastikan ibu kota negara Indonesia pindah ke Provinsi Kalimantan Timur.

"Kalimantan Timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum," kata Sofyan di Gedung Kementrian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019 seperti dilansir dari Antara.

Sofyan pun memperkirakan kebutuhan lahan tahap pertama untuk ibu kota baru memerlukan tanah seluas 3.000 hektare. Lahan itu akan dimanfaatkan untuk pembangunan kantor pemerintahan, barulah dibuat perluasan lahan 200-300 ribu hektare.

"Sehingga bisa bikin kota, dengan taman kota yang indah, banyak tamannya, orang bisa hidup sehat dan udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi," ujarnya.

Kendati sudah punya perkiraan, Sofyan mengaku belum ada kepastian pengadaan lahan terkait kebutuhan ibu kota. Saat ini, ia masih menunggu pengumuman resmi lokasi pasti ibu kota dari Presiden Joko Widodo.

Pada sidang bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Presiden Joko Widodo meminta izin pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan pada semua pihak yang hadir.

Permintaan ia sampaikan saat menyampaikan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI di ruang sidang bersama Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.

"Dengan memohon rida Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ucap Jokowi.

Pemindahan ibu kota menurutnya bukan hanya simbol dari identitas sebuah bangsa. Pemindahan ini akan menjadi sebuah representasi kemajuan bangsa.

"Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," kata dia. []

Berita terkait
Ibu Kota Pindah, Sandiaga: Penting Enggak Sih?
Sandiaga Uno menyinggung tentang urgensi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.
Respons Wali Kota Jika Kaltim Ditunjuk Jadi Ibu Kota
Jokowi telah meminta izin memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Wali kota beri respons.
Pengamat Tata Kota: Komitmen Jokowi Pindahkan Ibu Kota
Sejumlah pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian PUPR, melakukan ziarah ke makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir.
0
Parlemen Hong Kong Akhirnya Cabut RUU Ekstradisi
RUU Ekstradisi yang menjadi biang merebaknya aksi demonstrasi telah dicabut oleh parlemen Hong Kong. RUU ini yang menyulut orang turun ke jalan.