UNTUK INDONESIA
Ibu Kota Pindah, Sandiaga: Penting Enggak Sih?
Sandiaga Uno menyinggung tentang urgensi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.
Sandiaga Uno menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Selamatkan Indonesia dari Kebangkrutan' di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis, 22 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta - Sandiaga Uno menyinggung tentang urgensi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai pemindahan ibu kota sebenarnya bukan suatu hal yang harus diprioritaskan.

Apalagi, tidak ada anggaran yang dikhususkan untuk pemindahan ibu kota pada 2020.

"Penting enggak sih? Ternyata nota keuangan RAPBN 2020, tidak ada satu item pun yang langsung menganggarkan terkait rencana pemindahan ibu kota," kata Sandiaga di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Agustus 2019.

Selain mempertanyakan urgensi, Sandi juga mengingatkan perlunya pembahasan yang komprehensif terhadap kebijakan ini. Terlebih dampak dari pemindahan ibu kota.

"Dampak pada dunia usaha seperti apa. Dampak kepada lingkungan hidup seperti apa. Itu harus kita betul-betul pahami semua," ucapnya.

Menurut Sandi, sesuatu yang tak kalah penting dari pemindahan ibu kota yakni keterlibatan masyarakat. Agar keputusan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan tidak terkesan sebagai keputusan sepihak.

"Bagaimana kita melibatkan rakyat dan pembahasan ini sehingga keputusan ini menjadi keputusan yang bersama," tuturnya. []


Berita terkait
Video: Sandi Kritik Soal Pemindahan Ibu Kota
Sandiaga Salahuddin Uno memberikan masukan sekaligus mengkritik persoalan pemindahan Ibu Kota yang menjadi perhatian publik saat ini.
Sandiaga Uno Kritik Rencana Pindah Ibu Kota RI
Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam diskusi 'Selamatkan Indonesia dari Kebangkrutan' di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta.
Sandiaga Uno Menunggu Lamaran Parpol untuk Berpolitik
Sandiaga Uno membuka kemungkinan kembali ke panggung politik. Namun, terlebih dahulu menunggu lamaran dari elemen partai politik.
0
Relawan Minta Jokowi Pilih Menteri yang Selama Ini Berkeringat
Tokoh relawan Jokowi meminta Presiden lebih memilih dan mempercayai pendukung setianya yang selama ini telah berkontribusi lebih dan berkeringat.