UNTUK INDONESIA
Skala Pergerakan Penumpang Soetta Turun Imbas Corona
Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan adanya penurunan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta.
Penumpang beraktifitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat 20 Desember 2019.(Foto: Antara/Fauzan)

Jakarta - Direktur Utama (dirut) PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan adanya penurunan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten seusai pengumuman resmi dua warga negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona (COVID-19).

Hanya saja, skala penurunan mencapai dinilainya masih dalam batas wajar. "Iya sih menurun, tapi skalanya masih dalam ratusan ribu, pergi dan terbang. Di Soekarno Hatta, setiap hari ada 200.000 pergi dan datang," kata Awaluddin di Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Konsumen Mengeluh, YLKI: Bongkar Penimbun Masker

Penurunan pergerakan penumpang menurut dia tak lepas dari kebijakan setop sementara penerbangan dari dan menuju China sejak 5 Februari lalu. Ditambah adanya penundaan penerbangan dari dan menuju Jeddah dan Madinnah sejak 27 Februari 2020 imbas COVID-19.

"Jadi kalau cuma China ditutup, umrah yang mungkin ditunda, itu masih di atas seratusan ribu, baik penerbangan internasional maupun domestik. Ini masih jadi fokus yang kami kawal dengan baik," ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) penyebaran COVID-19 secara global memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti memaparkan jumlah kunjungan wisman asal China memang mengalami kenaikan yakni sebanyak 181.300 kunjungan atau kenaikan sebesar 1,4 persen pada Januari 2020.

Namun, kenaikan tersebut jauh lebih rendah dibanding kenaikan pada Januari 2019 sebesar 73,01 persen. "Ini karena ada dua hal, yaitu Imlek dan COVID-10," kata dia. []

Berita terkait
Cegah Corona, PKS: Standar Publik dan Istana Beda
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan standar untuk publik beda dengan Istana soal pencegahan corona di Tanah Air.
Aceh Belum Miliki Laboratorium Cek Pasien Corona
Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia belum memiliki laboratorium untuk mengecek langsung bagi pasien yang mengidap virus corona.
Dikira Suspek Corona, 3 Warga Sumut Cuma Kena ISPA
Empat orang warga Sumatera Utara dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, karena diduga terkena virus corona atau Covid-19.
0
Jelang Buka Puasa Jalur Perkotaan Cianjur Disekat
Sejumlah polisi di Cianjur lakukan penyekatan di pusat kota Cianjur sebagai upaya untuk menghindari kerumunan warga