UNTUK INDONESIA
Dikira Suspek Corona, 3 Warga Sumut Cuma Kena ISPA
Empat orang warga Sumatera Utara dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, karena diduga terkena virus corona atau Covid-19.
dr Ade Rahmaini bersama tim Pirene ketika menggelar konferensi pers.(Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Empat orang warga Sumatera Utara dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) Medan, karena diduga terkena virus corona atau Covid 19.

Pasien itu merupakan rujukan dari beberapa rumah sakit, diantaranya dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangsidempuan, Rumah Sakit Haji Medan, Murni Teguh dan ada yang datang sendiri.

Akan tetapi, setelah empat pasien itu masuk ke RSUP HAM Medan, diberikan perawatan dan bahkan dibawa ke ruangan isolasi suspek corona, sebagian dari mereka dipulangkan. Itu terjadi karena kesehatannya dalam keadaan normal. Namun, satu pasien lagi yang merupakan warga Kota Medan masuk dalam pemantauan.

Koordinator Tim Pinere RSUP Haji Adam Malik Medan dr Ade Rahmaini, menegaskan itu kepada awak media, Rabu 4 Maret 2020.

Tiga orang lainnya hanya penyakit Ispa biasa, makanya dipulangkan

"Empat orang pasien ada dirujuk ke Rumah Sakit Adam Malik. Akan tetapi, karena tiga orang dalam keadaan normal, darahnya dan suhu badannya normal, akhirnya mereka dipulangkan. Sedangkan satu orang dalam pemantauan, sudah kita kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Untuk proses selanjutnya, silakan langsung ke sana," kata dr Ade.

Satu orang yang dalam kondisi pemantauan adalah dari Kota Medan, dia diketahui pernah bersentuhan atau kontak fisik dengan warga negara asing atau Singapura.

"Statusnya pemantauan, karena informasinya dia juga pernah bersentuhan atau berhubungan dengan warga negara asing, bisa melalui sentuhan kulit, bisa juga melalui telepon. Pasien ini juga merupakan rujukan dari Rumah Sakit Haji Medan. Sedangkan tiga orang lainnya hanya penyakit Ispa biasa, makanya dipulangkan. Jadi sampai sekarang, virus corona atau Covid 19 belum ada kita temukan di Sumatera Utara," tegasnya. []

Berita terkait
30 Orang Diduga Terinfeksi Corona di DKI Dipulangkan
Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengatakan telah memulangkan 30 dari 56 pasien diduga terinfeksi virus corona.
RSSA Malang Bantah Pasien Meninggal karena Corona
Tim dokter RSSA Malang menegaskan berdasarkan hasil uji sampel pasien dipastikan tidak menderita virus corona, tetapi infeksi saluran pernafasan.
Protokol Indonesia Tangani Corona: Awasi 135 Pintu
Indonesia sedang menyusun protokol penanganan virus corona. Salah satunya bakal mengawasi 135 pintu masuk di wilayah perbatasan.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.