Singkirkan Arema FC, Persebaya Vs Persija di Final

Persebaya Surabaya menyingkirkan rival bebuyutan Arema Fc 4-2 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020
Persebaya Surabaya menyingkirkan Arema FC 4-2 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Soeprijadi, Blitar, Selasa 18 Februari 2020. Di final, Persebaya lawan Persija Jakarta. Tampak pemain Persebaya rayakan gol David da Silva (kiri) di laga itu. (Foto: ANTARA/Irfan Anshori/aww)

Blitar - Persebaya Surabaya menyingkirkan rival bebuyutan Arema Fc 4-2 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion di Stadion Gelora Soeprijadi, Blitar, Selasa 18 Februari 2020. Sukses itu mengantarkan Persebaya mencapai final untuk menantang Persija Jakarta, Kamis 20 Februari 2020. 

Duel final mempertemukan dua tim terbaik. Persija yang menjadi lawan Persebaya melaju ke laga puncak setelah menyingkirkan Madura United. Hanya belum dipastikan tempat laga final.  

Persebaya sendiri tampil maksimal saat melakoni the Biggest Jatim Derby melawan Arema FC di laga yang digelar tanpa penonton itu. Meski tertinggal lebih dulu melalui gol cepat Johan Alfarizi, namun Persebaya mampu membalikkan keadaan. 

Kita bersyukur bisa menang di pertandingan yang seru dengan tempo permainan yang tinggi

Di laga itu, Persebaya sesungguhnya kecolongan start. Arema FC menggebrak lebih dulu sehingga berhasil unggul saat laga baru berjalan tiga menit. 

Gol Arema FC yang dicetak Johan Alfarizi dengan memanfaatkan bola rebound hasil tendangan bebas Oh In Kyun. Hanya setelah unggul 0-1, Arema FC mengalami kerugian setelah striker andalannya, Jonathan Bauman melakukan pelanggaran keras terhadap Arief Satria di menit 18. Buntutnya, wasit Fariq Hitabba mengeluarkan kartu merah untuk Bauman.

Unggul jumlah pemain, Persebaya mulai mendominasi permainan. Hasilnya, striker David Da Silva sukses menyamakan kedudukan menit 28. Gol pemain asal Brasil itu tercipta melalui skema serangan balik.

Dirinya sempat mengecoh pemain belakang Arema FC dan kemudian mengajak sprint. David da Silva yang unggul kecepatan pun melewati dua bek Singo Edan sebelum menaklukkan kiper Kartika Aji.

Persebaya kemudian berbalik unggul setelah Mahmoud Eid mencetak gol di injury time babak pertama. Pemain anyar Bajol Ijo ini lolos dari jebakan offside dan berhasil menanduk bola ke gawang yang ditinggalkan kiper Kartika Aji yang kalah cepat dengan Eid saat menyambut bola. Skor 2-1 untuk Persebaya bertahan sampai akhir babak pertama. 

Persebaya Makin Intensif Meyerang

Di babak kedua, Persebaya makin intensif melakukan tekanan. Beberapa peluang pun dihasilkan sampai akhirnya Irfan Jaya yang menggantikan Oktafianus Fernando sukses memperbesar keunggulan Persebaya. Gol Irfan tercipta di menit 54. 

Persebaya vs Arema FCPemain Persebaya Supriyadi (kiri) membayang pemain Arema FC Ridwan Tawanela di laga semifinal Piala Gubernur Jawa Timur 2020 di Stadion Gelora Soeprijadi, Blitar, Selasa, 18 Februari 2020. Persebaya menang 4-2 dan lolos ke final melawan Persija Jakarta. (Foto: ANTARA/Irfan Anshori/aww)

Setelah unggul 3-1, Persebaya juga harus bermain 10 orang setelah Abu Rizal Maulana diganjar kartu merah menit 60. Dirinya menerima kartu kuning kedua akibat melanggar striker Kushedya Hari Yudo. 

Meski demikian, Persebaya sudah tak terbendung. David Da Silva mencetak gol keduanya di menit 70. Lagi-lagi gol tercipta dari serangan balik yang diakhiri dengan umpan silang Irfan Jaya. Umpan itu disambut dengan sundulan David Da Silva.

Arema FC mencoba mengejar ketinggalan gol. Hanya berselang tiga menit, mereka memperkecil ketinggalannya melalui striker Elias Alderat. Gol tercipta pada menit 73 yang mengubah skor menjadi 4-2. Skor untuk kemenangan Persebaya itu bertahan sampai akhir pertandingan.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku puas dengan kemenangan yang membawa tim ke final. Menurut dia, tim memang memanfaatkan keuntungan dengan diusirnya Bauman yang merupakan salah satu andalan Arema FC. Hal itu dimanfaatkan untuk menekan lawan.

"Kita bersyukur bisa menang di pertandingan yang seru dengan tempo permainan yang tinggi. Kami memanfaatkan dengan baik saat lawan bermain dengan 10 orang," kata Aji.

"Kami bermain tanpa penonton dan berhasil menang 4-2 atas Arema FC," ujar dia lagi. []

Berita terkait
Persebaya Vs Arema, Polda Jatim Sweeping Suporter
Polda Jawa Timur akan menjaga ketat pintu masuk Kota Blitar agar Aremania dan Bonek Mania tidak datang untuk menonton laga Persebaya vs Arema FC.
Pertandingan Persebaya vs Arema Dipindah di Blitar
Pemindahan laga semifinal Piala Gubernur Jawa Timur antara Persebaya vs Arema FC karena situasi kota Malang tidak kondusif.
Semifinal Arema FC Vs Persebaya, Replay Final 2019
Arema FC bertemu rival bebuyutan, Persebaya Surabaya di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 setelah bermain imbang 1-1 melawan Persija Jakarta.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19