Pemerintah Kota Makassar

Simak! 4 Rekomendasi Aplikasi Reksadana untuk Pemula

Dengan keberadaan aplikasi Reksadana tentunya akan mempermudah para investor, tapi investor juga perlu berhati-hati karena ada juga penipuan.
Ilustrasi - Keuntungan investasi Reksadana. (Foto: Tagar/Unplash/Alexander Mils)

Jakarta – Seiring perkembangan teknologi berinvestasi Reksadana menjadi sangatlah mudah lah mudah, apalagi bisa dilakukan dengan online serta aplikasi Reksadana yang semakin banyak bermunculan. Investasi Reksadana menjadi pilihan untuk kebanyakan investor pemula, karena mudah, praktis, dan resiko yang kecil pula.

Dengan keberadaan aplikasi Reksadana tentunya akan mempermudah para investor, tapi investor juga perlu berhati-hati karena ada saja aplikasi investasi yang tidak bertanggung jawab. Nah berikut ini beberapa aplikasi-aplikasi Reksadana yang aman dan pastinya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


1. Bibit

Aplikasi ini membantu para pemula investor untuk membeli produk Reksadana dengan fitur robo advisor yang dimiliki Bibit. Bibit ini sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2018 lalu. 

Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan serta menggunakan prinsip modern Portofolio Theory untuk pengelolaan portofolinya, itulah mengapa aplikasi yang satu ini banyak diminati investor pemula.


2. Ajaib

Ajaib merupakan Milik Ajaib Grup yang dikelola oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Aplikasi ini baru saja hadir tahun 2021 dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada awal tahun 2021. 

Terdapat 150 lebih Reksadana pilihan dan 15 manajer investasi, Selain bisa membeli Reksadana aplikasi ini juga bisa membeli saham yang anda inginkan.

Menurut laman resminya, aplikasi ini tidak memungut biaya dalam pembelian Reksadana. Hanya dengan modal Rp 10.000 anda sudah bisa berinvestasi di Ajaib, selain itu anda juga akan diminta untuk menjawab 6 pertanyaan untuk menentukan profil risikonya.


3. Bareksa

Aplikasi ini dikelolah oleh PT Bareksa Portal Investasi, memiliki 40 manajer investasi dan lebih dari 150 produk investasi yang disediakan oleh Bareksa selain itu Bareksa juga mempunyai fitur simulasi produk Reksadana dan menyediakan kalkulator investasi untuk menghitung perkiraan imbal hasil yang akan diterima investor pada periode tertentu.

Bareksa sudah terdaftar di Otoritas jasa keuangan sejak tahun 2016 lalu, selain itu Bareksa juga memiliki Surat Berharga Negara (SBN). Aplikasi ini juga memiliki nominal minimum investasi Reksadana yaitu sebesar Rp 10.000.


4. IPOT

Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Indo Premiere Skuritas. Mungkin sebagian orang lebih mengenal IPOT sebagai aplikasi saham, padahal IPOT juga menyediakan Reksadana dengan IPOTFund yang sudah terdaftar Otoritas Jasa Keungan pada tahun 2014 lalu. Terdapat fitur fund evaluator yang dapat membantu menentukan produk Reksadana pertamanya.

(Ranutyas Djati Kusuma)


Berita terkait
Ini Tips Investasi Tanah Agar Semakin Cuan
Investasi tanah kosong kini menjadi incaran beberapa investor karena dinilai menghasilkan keuntungan yang luar biasa.
Milenial Wajib Coba, Ini Tips Berinvestasi Diusia 20-an
Menggunakan anggaranmu sebagai awal bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk memulai dan memiliki anggaran yang sehat.
Ingin Cepat Cuan di Saham? Ini Tips Investasinya
Namun kamu harus mengetahui juga tips-tips investasi saham agar cepat mendapatkan keuntungan.
0
Simak! 4 Rekomendasi Aplikasi Reksadana untuk Pemula
Dengan keberadaan aplikasi Reksadana tentunya akan mempermudah para investor, tapi investor juga perlu berhati-hati karena ada juga penipuan.