Pemerintah Kota Makassar

Ini Jenis Investasi Reksadana yang Berlaku di Pasar

Investasi reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin memulai investasi.
Ilustrasi Grafik Saham (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Investasi reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin memulai investasi. Terdapat beberapa pilihan atau jenis reksadana yang bisa anda ambil.

Sebelum mengetahui lebih rinci terkait bagaimana cara investasi reksadana, ada baiknya jika kita mengetahui jenis-jenis investasi reksadana yang ada saat ini.

Berikut jenis-jenis Investasi reksadana yang dapat kita ketahui.


1. Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Investasi reksadana pasar uang merupakan Investasi yang dilakukan dengan menggunakan instrumen investasi pasar uang. Instrumen yang ditawarkan berupa sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia, dan Surat Berharga Pasar Uang. Jenis ini merupakan jenis reksadana yang memiliki profil resiko yang rendah sehingga cocok digunakan bagi pemula.


2. Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksadana Pendapatan Tetap Merupakan sebuah Investasi reksadana yang menginvestasikan aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi dengan persentase minimal 80%. Tujuan Investasi ini untuk menghasilkan tingkat return yang stabil.


3. Reksadana campuran (Balance Mutual Return)

Jenis ini merupakan gabungan dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Keuntungan dari jenis reksadana ini adalah tingkat pengembalian modal dengan persentase tinggi. Jenis ini juga memiliki resiko yang tinggi yang sebanding dengan persentase pengembalian modalnya.


4. Reksadana Saham (Equity Fund)

Reksadana Saham Merupakan aktivitas dalam menginvestasikan dana minimal 80% ke dalam saham. Reksadana Saham Merupakan jenis reksadana yang paling tinggi profil resikonya. Hal ini dikarenakan jenis ini bertujuan menjaga pertumbuhan harga saham dalam jangka panjang dan juga menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi


5. Reksadana Syariah

Reksadana Syariah merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh manajer Investasi dalam portofolio efek. Investasi ini memegang teguh prinsip syariah islam.

Itulah beberapa jenis Investasi reksadana yang dapat dijadikan bahan pertimbangan anda dalam memilih investasi reksadana.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
4 Investasi yang Bisa Menguntungkan bagi Investor Pemula
Perlu kamu ingat kalau kunci utama dalam melakukan investasi supaya berhasil adalah jangan pernah menganggap sepele hal kecil sekalipun.
Target Ambisius Investor untuk Perusahaan Minyak
Para investor pada Rabu, 15 Oktober 2021, menerbitkan cetak biru ambisius untuk perusahaan energi dalam upaya mengatasi perubahan iklim
Webinar IA-ITB, Aditriya Indraputra: Ada Tipe Investor Agar Bisa dapat Investasi
Aditriya Indraputra mengatakan perusahaan investor ingin menyelesaikan, yang dibutuhkan adalah pengertian dimana posisi perusahaannya.
0
Ini Jenis Investasi Reksadana yang Berlaku di Pasar
Investasi reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin memulai investasi.