UNTUK INDONESIA
Siantar Kerap Mati Lampu, DPR Minta Erick Tegur PLN
Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk menegur PLN Pematangsiantar, Sumatera Utara, kerap mati listrik.
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung. (Foto: Tagar/Fernandho)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir agar memberikan teguran kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, hingga saat ini di berbagai daerah di Sumut masih sering mengalami pemadaman listrik.

Martin mengaku dirinya mendapat informasi dari warga Kota Pematangsiantar yang menyebut dalam sehari bisa terjadi pemadaman listrik sampai tiga kali dengan waktu hampir empat jam.

Ini minta tolong Pak Menteri, untuk bisa dikomunikasikan ke PLN. Apa yang menjadi hambatan.

Baca juga: Cek Bebas Tarif atau Diskon dari PLN, Begini Caranya

"Hal seperti itu tidak bisa dibiarkan. Bagaimanapun listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat untuk melakukan aktivitas. Jika pemadaman berlangsung hampir empat jam, semua kegiatan masyarakat akan terganggu, apalagi yang memasak, membutuhkan tenaga listrik," kata Martin kepada Tagar, Sabtu, 4 April 2020.

Mendengar informasi yang diterimanya, Martin langsung menyampaikan keluhan tersebut kepada Erick Thohir saat melaksanakan Rapat Kerja virtual dengan Kementerian BUMN, Jumat, 3 April 2020.

Lantas dia meminta agar mantan bos Inter Milan itu menanyakan langsung kepada PLN Sumatera Utara, terkait pemadaman yang sering kali terjadi itu disebabkan hal apa.

"Saya mendapat laporan, ini dari dapil, di Sumatera Utara, itu masih sering mati listrik dari PLN. Ini minta tolong Pak Menteri, untuk bisa dikomunikasikan ke PLN. Apa yang menjadi hambatan, sehingga masih terjadi mati listrik di daerah-daerah ini," ujarnya.

Baca juga: 4,8 Juta Pelanggan PLN Jatim Nikmati Listrik Gratis

Sebelumnya, saat melakukan Kunjungan Kerja Komisi VI ke Sumut pada 28 Februari 2020 lalu, Martin Manurung mendapatkan beberapa masukan atau aspirasi dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Masukan yang diterima, salah satunya terkait gangguan mati listrik yang sering terjadi di wilayah Sumatera Utara. Edy berharap masalah listrik di daerah yang dia pimpin dapat segera terselesaikan. []

Berita terkait
Patuhi Perppu, PLN Gratiskan Tarif Listrik Bertahap
PLN mulai menerapkan Perppu Nomor 1/2020 yang terkait pembebasan tarif listrik sejak 1 April dan dilakukan bertahap.
PT PLN di Taput Dukung Keringanan Tarif Listrik
PT PLN yang melayani Kabupaten Tapanuli Utara mendukung penuh kebijakan pemerintah meringankan pembayaran biaya tarif listrik.
Jawaban PLN Aceh Soal Listrik Gratis Saat Corona
Pihak PLN Aceh sejauh ini bisa menjelaskan bagaimana teknis pemberian gratis dan diskon pembayaran listrik di Aceh selama corona.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.