UNTUK INDONESIA
Shevchenko Dipertahankan Persipura, Kobak Dilepas
Persipura Jayapura melepas gelandang muda Hanny Kobak karena tidak menunjukkan perkembangan berarti.
Persipura Jayapura mempertahankan Wulf Kluivert Shevchenko Horota, namun melepas Hanny Kobak. Keduanya merupakan tiga pemain muda yang menjalani seleksi di Kota Batu, Malang. Tampak Persipura beruji coba melawan tim lokal selama pemusatan latihan di Batu. (Foto: Persipura Jayapura)

Jayapura - Persipura Jayapura mempertahankan Wulf Kluivert Shevchenko Horota (19), salah satu dari tiga pemain muda hasil seleksi yang dilakukan tim. Sebaliknya, gelandang Hanny Kobak dilepas pelatih Jacksen F. Tiago. 

Shevchenko dan Kobak merupakan dua dari tiga pemain muda yang lolos seleksi. Mereka kemudian dibawa pelatih Jacksen menjalani pemusatan latihan di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.  

Hanya, Kobak tak menunjukkan perkembangan berarti. Menurut pelatih Jacksen, pemain berusia 21 ini tidak menunjukkan progres positif selama pemusatan latihan. Pelatih pun tak mempertahankan dia lagi.

Dia mungkin sempat mengalami cedera. Hanya, cedera itu dialaminya saat dia hendak bergabung dengan tim

"Kami memang sudah melepas Kobak karena tidak ada peningkatan performa sejak pemusatan latihan di Kota Batu, Malang. Kami tak bisa mempertahankan dia," tutur Jacksen.

Kobak sulit berkembang selama menjalani pemusatan latihan lantaran mengalami cedera. Selain itu dari aspek teknis dan mental, pemain muda tersebut dinilai masih lemah.

"Dia mungkin sempat mengalami cedera. Hanya, cedera itu dialaminya saat dia hendak bergabung dengan tim. Selain itu secara teknis dan mental, dia belum siap untuk bergabung dengan kami," kata pelatih asal Brasil itu.

Kobak merupakan buah dari seleksi pemain di Kota Jayapura. Selain dia dan Shevchenko, masih ada Yosse A. Maniagasi (21) yang diboyong ke Batu. Selama di Batu, tim Mutiara Hitam menjalani pemusatan latihan dan beberapa kali melakukan uji coba melawan tim lokal.

Shevchenko Pemain Pertama Dipertahankan

Shevchenko sendiri menjadi pemain pertama yang dipastikan dipertahankan. Kualitas dan performa yang diperlihatkan menjadi alasan utama dirinya untuk masuk skuat Persipura. 

"Performa dia di atas rata-rata. Dia hampir dipastikan masuk tim. Sedangkan Maniagasi masih kami lihat perkembangannya," ujar Jacksen.  

Kehadiran tiga pemain tersebut merupakan bagian dari upaya pelatih Jacksen melakukan regenerasi pemain. Karena Papua tak pernah kekurangan bibit muda bertalenta, eks pelatih Barito Putera pun memberi kesempatan kepada pemain lokal. 

Jacksen sesungguhnya optimistis mereka mampu bersaing dan pantas berlaga di level tertinggi. Hanya, faktor mental dan teknik menjadi problem Hobak sehingga tidak dipertahankan Jacksen. 

Setelah menjalani pemusatan latihan di Batu, Persipura berpindah ke Yogyakarta. Di kota pelajar ini mereka mengasah kemampuan teknik sekaligus persiapan akhir sebelum bergulirnya Liga 1 2020 dengan melakukan berbagai uji coba. Termasuk melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu 22 Februari 2020. 

Persipura melakoni laga pertama liga dengan bertindak sebagai tuan rumah. Mereka menjamu PSIS Semarang, Minggu 1 Maret 2020. []  

Berita terkait
Pelatih Persipura Dukung Pemainnya Dipanggil Timnas
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mendukung sepenuhnya pemanggilan Muhammad Tahir oleh pelatih tim nasional.
Comvalius, Mesin Gol Harapan Persipura Jayapura
Striker Sylvano Comvalius bakal menjadi tumpuan lini depan Persipura Jayapura di kompetisi Liga 1 2020. Tekad sama disampaikan Comvalius.
Menang di Uji Coba, Persipura Soroti Fisik Pemain
Persipura Jayapura menang 7-0 di laga uji coba melawan Metro FC Malang. Namun pelatih Jacksen F. Tiago lebih menyoroti fisik pemain di laga itu.
0
AirPods Pro Dijual di Indonesia Rp 4,2 Juta
AirPods Pro akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia. AirPods Pro dapat dibeli secara online di iBox dengan harga Rp 4,2 juta.