UNTUK INDONESIA
Pelatih Persipura Dukung Pemainnya Dipanggil Timnas
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mendukung sepenuhnya pemanggilan Muhammad Tahir oleh pelatih tim nasional.
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mendukung sepenuhnya pemanggilan gelandang Muhammad Tahir oleh pelatih tim nasional. Tahir saat menjalani latihan di tim. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Pelatih Jacksen F. Tiago mendukung sepenuhnya bila ada pemain Persipura Jayapura yang dipanggil tim nasional. Meski agak berat melepas gelandang Muhammad Tahir, namun pelatih tetap mengizinkan pemainnya memenuhi panggilan tersebut. 

Persipura sesungguhnya tetap membutuhkan Tahir karena tim akan melakoni uji coba sebagai persiapan menjelang Liga 1 2020. Meski demikian, Jacksen tetap tak menolak bila pemainnya dipanggil timnas untuk agenda FIFA. Tahir sendiri menjadi satu-satunya pemain Persipura yang mendapat panggilan tersebut.  

Jacksen juga tidak mengetahui dasar pertimbangan pelatih Sin Tae Yong saat memanggil pemain untuk menjalani pemusatan latihan. Pasalnya pelatih timnas belum bisa memantau pemain karena kompetisi belum dimulai. 

Yang jelas klub selalu berkomitmen melepas pemainnya kalau ada pemanggilan dari timnas

"Kami bersyukur bila Tahir dipanggil. Hanya, kami memang tidak mengerti dasar pemanggilan dia karena kompetisi belum dimulai. Namun kami mendukung semoga Tahir bisa menunjukkan performa terbaik di timnas," ujar Jacksen.

Menurut pelatih asal Brasil ini Persipura selalu berkomitmen   melepaskan pemainnya bila mendapat panggilan dari timnas. Hanya, pemanggilan tersebut menurutnya perlu dipertimbangkan lagi oleh federasi dan timnas. Pasalnya kompetisi segera bergulir.

"Yang jelas klub selalu berkomitmen melepas pemainnya kalau ada pemanggilan dari timnas. Meski demikian harus dipertimbangkan lagi saat melakukan pemanggilan di pramusim seperti sekarang ini," kata Jacksen lagi.

Tahir sendiri menyerahkan sepenuhnya kepada klub. Bila sudah mendapat izin dari Persipura, dirinya akan memenuhi panggilan tersebut. 

"Saya menyerahkan kepada manajemen dan pelatih terkait pemanggilan dari timnas," kata Tahir.

Persipura sendiri menyiapkan jadwal uji coba di Yogyakarta setelah menjalani pemusatan latihan di Batu, Malang. Menurut rencana, tim akan menggelar tiga uji coba melawan tim Liga 1 dan Liga 2 selama satu pekan ke depan. 

Uji coba Persipura diawali dengan menghadapi tim promosi Persita Tangerang, Kamis 13 Februari 2020. Selanjutnya, Sabtu 15 Februari 2020, tim Mutiara Hitam diuji tim Liga 2, Sulut United. Uji coba terakhir mereka dengan menghadapi sesama tim Liga 1, PSS Sleman, Sabtu 22 Februari 2020. []

Berita terkait
Comvalius, Mesin Gol Harapan Persipura Jayapura
Striker Sylvano Comvalius bakal menjadi tumpuan lini depan Persipura Jayapura di kompetisi Liga 1 2020. Tekad sama disampaikan Comvalius.
Menang di Uji Coba, Persipura Soroti Fisik Pemain
Persipura Jayapura menang 7-0 di laga uji coba melawan Metro FC Malang. Namun pelatih Jacksen F. Tiago lebih menyoroti fisik pemain di laga itu.
Persipura Diperkuat Comvalius dan Duo Brasil
Persipura Jayapura resmi mengumumkan 24 pemain yang akan mengarungi kompetisi Liga 1 2020, termasuk striker baru Sylvano Comvalius.
0
Polda Sumut Bekuk 2 Perwira Polisi Terlibat Narkoba
Polisi antinarkoba Polda Sumatera Utara menangkap dua perwira yang bertugas di Kepolisian Sektor Hamparan Perak, Pelabuhan Belawan.